Nostalgia Hari Ini: Pembukaan Stadion San Siro

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini, 19 September, 96 tahun yang lalu, salah satu stadion ikonik di dunia sepak bola resmi dibuka. Stadion Giuseppe Meazza alias San Siro. Sampai saat ini, San Siro masih menjadi stadion paling besar di Italia.

Mendapat julukan La Scala del Calcio, San Siro ditempati oleh dua klub raksasa, AC Milan dan Inter Milan, dan terkadang timnas Italia. San Siro juga pernah dua kali menjadi tuan rumah Piala Dunia. Piala Dunia 1934 (yang mana Italia keluar menjadi juara) dan Piala Dunia 1990.

Sejarah San Siro

Pinterest

Stadion digagas oleh presiden AC Milan kala itu, Piero Pirelli dan mulai dibangun pada 1925. Sang Arsitek, Stacchini Cugini membuat San Siro tanpa lintasan lari, yang pada saat itu sangat jarang di Italia.

Inagurasi stadion terjadi pada 19 September 1926. Saat itu total 35 ribu suporter menyaksikan laga Derby della Madonnina pertama di San Siro. AC Milan berhasil mengalahkan Inter dengan skor 6-3 di laga itu.

Awalnya stadion itu memang dimiliki oleh Milan, tetapi dijual pada 1935 ke pemerintah kota. Barulah pada 1947 setelah perang dunia kedua, Inter pindah dari Arena Civica ke San Siro dan sejak itu kedua klub tinggal satu atap.

Rossoneri Blog

San Siro mendapatkan renovasi besar dua kali, pada 1955 dan pada 1987-1990 menjelang Piala Dunia. Renovasi itu membuat kapasitas stadion menjadi 85 ribu pada Piala Dunia 1990.

Pada 1980, pemerintah kota Milan mengganti nama San Siro menjadi Giuseppe Meazza, pemain asli Milan yang membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 1934 dan 1938. Namun para fans Milan tidak menyukai hal itu, walaupun Meazza pernah bermain di Inter dan Milan, Meazza memang lebih identik dengan Nerazzurri dimana dia bermain 14 tahun di sana.

Karena itulah San Siro memiliki dua sebutan, fans Inter lebih memilih menyebut Stadio Meazza, sedangkan fans Milan lebih memilih untuk menyebut Stadio San Siro. Namun San Siro memang lebih populer karena lebih mudah untuk disebutkan.

Pinterest

Masa Depan San Siro

Atmosfir San Siro memang menjadi salah satu yang terbaik di dunia, terutama pada saat laga Derby dengan fans Milan duduk di sebelah selatan (Curva Sud) dan fans Inter di sebelah utara (Curva Nord).

Tapi nampaknya kita semua tidak bisa melihat atmosfir San Siro lagi. Pada 2019, kedua klub sepakat untuk membangun stadion baru, dan San Siro akan dihancurkan. Proyek stadion baru akan memakan biaya sekitar 800 juta US Dollar dan akan memiliki kapasitas 60 ribu penonton.

AC MilanInter MilanNostalgia Hari IniSan SiroStadion Giuseppe Meazza