Nostalgia Hari Ini: Pertandingan Pertama yang Mengudara di Radio

Football5star.com, Indonesia – Sepak bola saat ini bisa dikonsumsi oleh semua masyarakat melalui televisi. Tapi dulu, pertandingan sepak bola hanya bisa dinikmati langsung di stadion.

Ini tak lepas dari keterbatasan teknologi pada zaman dulu. Secara perlahan, pertandingan sepak bola mulai bisa dinikmati banyak orang. Namun, bukan televisi yang menjadi media pertama yang menyiarkan laga si kulit bundar.

Justru radio yang jadi alat pertama pewarta menyajikan pertandingan sepak bola. Hari bersejarah itu terjadi pada 22 Januari 1927 silam. Pertandingan pertama yang disiarkan secara langsung adalah Arsenal vs Sheffield United di Highbury.

chrishobbs

Media raksasa Inggris, BBC Radio, yang pertama kali menyiarkan pertandingan langsung. Bukan perkara mudah bagi BBC untuk menyiarkan pertandingan.

Mereka baru mendapatkan izin siaran tiga minggu sebelum pertandingan. Pada siaran perdanan BBC mempercayakan laga dipandu oleh dua komentator, yakni Teddy Wakelam dan C.A Lewis.

Bukan perkara mudah bagi mereka memanjakan pendengar. Apalagi tidak ada gambar visual yang bisa menggambarkan kejadian di lapangan.

Untuk itu, Wakelam dan Lewis membagi tugas. Untuk menandai para pemain di lapangan, Wakelam memberlakukan sistem penomoran untuk pemain pada laga Arsenal vs Sheffield United. Sementara Lewis menggambarkan peristiwa yang berlangsung di setiap sudut lapangan.

Di lapangan, pertandingan berlangsung seru. Charlie Buchan membawa Arsenal unggul lebihdulu. Namun, mereka gagal menang setelah Sheffield United menyamakan kedudukan lewat Billy Gillsepie.

pinterest

Siaran langsung pertandingan sepak bola perdana lewat radio menuai sukses besar. Bahkan dalam bukunya, David Goldblatt mengatakan empat tahun setelah laga bersejarah itu ada ratusan pertandingan yang disiarkan secara langsung.

Sensasi yang ditawarkan radio membuat banyak orang ketagihan mendengar jalannya pertandingan. Dampak yang diberikan bukan hanya memengaruhi popularitas sepak bola di masyarakat.

Akan tetapi juga berdampak pada karier Teddy Wakelam. Sejak saat itu dia tidak hanya dipercaya memandu pertandingan sepak bola. Tapi juga olahraga lainnya. Seiring kemajuan teknologi, Wakelam mulai memandu pertandingan melalui televisi pada 1938 silam.

ArsenalNostalgia Hari Ini