Nostalgia Hari Ini: Pertemuan Pertama Sesama Klub Prancis di Liga Champions

Football5star.com, Indonesia – Klub-klub asal Prancis selama ini memang belum mampu berbicara banyak di Liga Champions. Sekali pun Paris Saint-Germain menjelma jadi kekuatan baru di Eropa, mereka tak pernah mampu mencapai semifinal.

Dalam sedekade terakhir, mungkin hanya satu atau dua klub Prancis saja yang wara-wiri di Liga Champions tiap musimnya. Selain Paris Saint-Germain, dulu ada Olympique Lyon yang jadi langganan Liga Champions. Ada pula klub-klub lawas lain semisal Marseille, sampai Bordeaux.

Akan tetapi, silih bergantinya klub-klub tersebut tampil di Liga Champions, mereka hampir tak pernah saling bertatap muka. Sampai akhirnya sejarah tercipta satu dekade silam.

Zimbio

Tepat pada 30 Maret 2010, untuk pertama kalinya dalam sejarah Liga Champions, dua klub Prancis saling berhadapan di babak perempat final. Dua klub yang dimaksud adalah Lyon melawan Bordeaux.

Singkirkan Tim-Tim Besar

Perjalanan kedua tim menuju perempat final tidak bisa dianggap remeh. Bordeaux bahkan menang enam kali dari tujuh laga awal Liga Champions. Termasuk dua kali mengalahkan Bayern Munich di fase grup.

Adapun perjalanan Lyon lebih hebat lagi. Mereka menyingkirkan klub sebesar Real Madrid di 16 besar. Klub yang saat itu masih dihuni Miralem Pjanic dan Hugo Lloris menang agregat 2-1 atas Los Blancos.

Hasil tersebut akhirnya membawa persaingan Ligue 1 terasa kental di Liga Champions. Ya, laga Lyon melawan Bordeaux menjadi salah satu yang terpanas di Prancis.

The Guardian

Leg pertama sesama tim Prancis terjadi di markas Lyon, Stade Gerland 30 Maret 2010. Tuan rumah menang 3-1 lewat dua gol Lisandro Lopes dan satu gol Michel Bastos. Sedangkan gol semata wayang tim tamu didapat melalui kaki Marouane Chamakh.

Pada leg kedua, klub yang saat itu masih diasuh Claude Puel menelan kekalahan 0-1. Gol Marouane Chamakh pada babak pertama sempat membuka asa anak asuh Laurent Blanc. Mereka pun hanya membutuhkan satu gol lagi untuk memastikan lolos.

Akan tetapi, gol yang ditunggu-tunggu publik Stade Chaban Delmas tak pernah datang. Pada akhirnya, Lyon menang agregat 3-2 dan berhak melaju semifinal untuk pertama kalinya di era Liga Champions.