Nostalgia Hari Ini: Prancis Juara Piala Dunia untuk Pertama Kalinya

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini, 22 tahun yang lalu, momen bersejarah terjadi di sepak bola Prancis. Ya, mereka berhasil menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya. Momen ini semakin spesial ketika mereka berhasil memenangkannya di hadapan pendukungnya sendiri.

Mereka harus berhadapan dengan lawan yang sulit, sang juara bertahan, Brasil, yang diperkuat oleh pemain terbaik dunia saat itu, Ronaldo Nazario.

Zinedine Zidane menjadi aktor utama dalam laga final itu dengan mencetak dua gol. Zidane sendiri akhirnya memenangkan trofi Ballon d’Or di akhir tahun 1998.

Nostalgia Hari Ini Prancis Juara Piala Dunia untuk Pertama Kalinya
FIFA

Jalannya Pertandingan

Bermain di Stade de France dihadapan 80 ribu penonton. Drama sebenarnya sudah terjadi sebelum pertandingan, ketika adanya rumor Ronaldo tidak fit sebelum laga. Ronaldo baru diputuskan akan bermain 72 menit sebelum kick off.

Laga dimulai dengan kedua tim saling menyerang, Brasil mempunyai beberapa kesempatan, tapi kiper Fabian Barthez bisa menjaga gawangnya dengan baik.

Prancis unggul pada menit ke-27. Umpan cantik Emanuel Petit dari tendangan penjuru berhasil ditanduk dengan keras oleh Zidane.

Nostalgia Hari Ini Prancis Juara Piala Dunia untuk Pertama Kalinya
CNN

Momen menegangkan terjadi setelah itu ketika Carlos Dunga memberi umpan panjang kepada Ronaldo, pemain Inter Milan itu kalah cepat dengan Barthez sebelum akhirnya bertabrakan dengan sang kiper. Beruntung Ronaldo masih bisa bermain.

Stephane Guivarc’h mendapat kesempatan emas ketika berhasil berhadapan satu lawan satu dengan Claude Taffarel. Tapi Guivarc’h malah menendang bola persis ke arah Taffarel.

Tapi beberapa menit setelah itu, Prancis berhasil menambah keunggulan sama-sama lewat tendangan penjuru. Kali ini, Youri Djorkaeff yang memberi umpan ke Zidane yang langsung menyundul bola melewati kaki Roberto Carlos dan masuk ke gawang Taffarel. Skor 2-0 berakhir di babak pertama.

Pada babak kedua, Brasil sempat mendapat angin segar ketika Marcel Desailly terkena kartu merah 22 menit sebelum waktu normal habis. Selecao langsung menyerang habis-habisan, salah satu kesempatan emas datang dari Denilson yang tendangannya membentur mistar gawang.

Tapi keasyikan menyerang membuat pertahan Brasil rentan terkena serangan balik. Dan itu terbukti pada menit ke-90, duet Arsenal, Patrick Vieira berhasil memberi umpan terobosan kepada Petit yang berhasil memasukkan bola ke gawang. Skor 3-0 berakhir hingga peluit panjang dan Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More