Nostalgia Hari Ini: Real Madrid Juara Piala Dunia Antarklub untuk Pertama Kalinya

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 20 Desember, 6 tahun yang lalu, Real Madrid mencatatkan sejarah klub dengan meraih trofi Piala Dunia Antarklub untuk yang pertama kalinya. Madrid mengalahkan juara Copa Libertadores, San Lorenzo, di babak final.

Walaupun saat itu Real Madrid sudah juara Liga Champions 10 kali, Los Blancos sama sekali belum pernah meraih Piala Dunia Antarklub. Tapi dengan berhasilnya mereka meraih gelar Liga Champions pada 2014, mereka berhak masuk ke Piala Dunia Antarklub 2014.

Nostalgia Hari Ini Real Madrid Juara Piala Dunia Antarklub untuk Pertama Kalinya
Latin Times

Madrid sebenarnya sudah pernah masuk ke Piala Dunia Antarklub, yaitu pada edisi pertama tahun 2000 dan edisi kedua tahun 2001. Tahun 2000 Madrid lolos sebagai juara Piala Interkontinental 1998, tapi kalah di babak semi-final oleh juara Piala Champions CONCACAF 1999, Necaxa dari Mexico.

Lalu pada tahun 2001, Madrid kembali lolos sebagai juara Liga Champions 2001, tapi kompetisi dibatalkan dengan beberapa alasan. Piala Dunia Antarklub baru diadakan kembali pada 2005 dan menggantikan Piala Interkontinental yang diberhentikan pada 2004.

Perjalanan Real Madrid

Bermain di Marrakesh, Maroko. Madrid memulai kompetisi dari babak semi-final melawan juara Liga Champions CONCACAF, Cruz Azul. Los Blancos menang dengan mudah 4-0. Gol dicetak oleh Karim Benzema, Sergio Ramos, Gareth Bale, dan Isco.

Mereka lolos ke babak final dan bertemu dengan juara Copa Libertadores, San Lorenzo. Bermain di hadapan 38 ribu penonton di Stade de Marrakech. Madrid membuka laga lewat peluang dari Benzema yang bisa diselamatkan kiper Sebastian Torrico. Beberapa menit kemudian giliran Bale yang dapat kesempatan, tapi kembali dimentahkan oleh sang kiper.

Nostalgia Hari Ini Real Madrid Juara Piala Dunia Antarklub untuk Pertama Kalinya
Real Madrid

Gol tercipta pada menit ke-37 lewat tendangan penjuru Toni Kroos, Sergio Ramos berhasil menanduk umpan dengan sempurna. Gol kedua Madrid datang pada menit ke-51, berawal umpan cerdik dari Isco, Bale berhasil melepaskan tembakan yang tak bisa ditepis dengan sempurna oleh Torrico. Skor tetap bertahan 2-0 hingga pertandingan berakhir dan Los Blancos keluar menjadi juara.

Selain menjadi juara, Real Madrid juga berhasil mendapatkan penghargaan FIFA Fair Play Award dan Sergio Ramos berhasil mendapatkan Golden Ball sementara Cristiano Ronaldo mendapatkan Silver Ball. Setelah ini, Los Blancos mendapatkan tiga gelar Piala Dunia Antarklub lagi pada 2016, 2017, dan 2018.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More