Nostalgia Hari Ini: Rekor Gol Miroslav Klose di Tragedi Mineirazo

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini, 6 tahun yang lalu, terjadi salah satu pertandingan yang paling memalukan untuk publik Brasil. Ya, laga semi-final Piala Dunia 2014 yang mempertemukan Brasil vs Jerman. Brasil yang bertindak sebagai tuan rumah dilumat habis oleh Jerman dengan skor 7-1. Laga ini akhirnya disebut sebagai Mineirazo yang berarti ‘Tamparan Mineirao’.

Untuk memperburuk keadaan, pada laga itu, penyerang Jerman, Miroslav Klose, mencetak golnya yang ke-16 di Piala Dunia. Yang mana itu adalah rekor baru di Piala Dunia, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Legenda Brasil, Ronaldo Nazario dengan 15 golnya.

japantimes

Nama Mineirazo diambil dari nama stadion tempat laga itu bermain, Stadion Mineirao. Nama itu terinspirasi dari tragedi sebelumnya, Maracanazo, dimana pada saat itu, Brasil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 1950 kalah 2-1 di final melawan Uruguay dihadapan hampir 200 ribu penonton di Stadion Maracana.

Jalannya Pertandingan

Brasil yang harus bermain tanpa Neymar dan Thiago Silva, langsung kebobolan pada menit ke-11 lewat tendangan penjuru pertama Jerman. Umpan dari Toni Kroos berhasil ditendang masuk ke gawang Julio Cesar oleh Thomas Mueller.

Der Panzer kembali mencetak gol pada menit ke-23, berawal dari kerja sama apik Kroos dan Mueller, nama terakhir memberi umpan kepada Klose, tendangan pertamanya berhasil ditepis oleh Cesar, tapi bola rebound kembali berhasil diambil Klose dan dia mencetak gol bersejarah itu.

Timnas Brasil kalah 1-7 dari Jerman di Mineirao pada semifinal Piala Dunia 2014.
boxtoboxfootball.uk

Setelah gol kedua, hanya butuh enam menit saja untuk Jerman mencetak tiga gol. Yang pertama, Philip Lahm memberi umpan ke kotak penalti dan Mueller gagal menendangnya. Tapi bola jatuh ke kaki Kroos dan dia langsung menendang bola masuk ke gawang dengan kaki kirinya.

Kedua saat Fernandinho kehilangan bola di tengah lapangan, Kroos melakukan umpan satu dua dengan Sami Khedira dan membuat skor menjadi 4-0. Ketiga giliran Khedira yang masuk ke papan skor setelah melakukan kerja sama satu dua dengan Mesut Oezil. Skor 5-0 bertahan hingga turun minum

Pada babak kedua Jerman bermain lebih bertahan. Manuel Neuer melakukan beberapa penyelamatan dari tendangan Oscar, Paulinho, dan Fred. Tapi Jerman malah kembali mencetak gol, Lahm kembali membuat assist dari sisi kanan, kali ini untuk pemain pengganti Andre Schuerrle pada menit ke-69.

Sepuluh menit kemudian pemain yang sama kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan dari Mueller. Oscar mencetak satu-satunya gol untuk Brasil diakhir babak setelah mendapatkan umpan panjang. Laga berakhir dengan siulan dari fans dan tangisan dari pemain Brasil.

Pasca Laga

Pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari mengatakan bahwa Brasil bermain baik secara keseluruhan turnamen. Jerman pun pasti tak menyangka mereka bisa menang sebesar ini.

“Perjalanan kami di turnamen tidak buruk. Kami mengalami kekalahan yang buruk. Dengan berbagai kesulitan, kami bisa mencapai semifinal. Sangat tidak normal bisa kebobolan empat gol dalam enam menit, namun itu bisa terjadi. Rasanya Jerman sekalipun tak percaya apa yang telah terjadi,” ucap Scolari.

Jerman akhirnya berhasil menjadi juara Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Argentina 1-0. Sedangkan Brasil harus kembali dipermalukan kali ini oleh Belanda di perebutan juara tiga dengan skor 3-0.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More