Nostalgia Hari Ini: Rekor Kartu Merah Tercepat dalam Sejarah Piala Dunia

Football5star.com, Indonesia – Siapa yang tidak ingin memberikan yang terbaik untuk negaranya. Terlebih ketika berpartisipasi di ajang terakbar Piala Dunia.

Semua pemain pasti ingin memberikan yang terbaik agar negaranya meraih kemenangan. Tapi terkadang mereka melakukannya dengan cara yang salah.

Ini pula yang dilakukan pemain Uruguay, Jose Batista, pada Piala Dunia 1986 silam. Hanya butuh imbang agar timnya lolos ke 16 besar, Batista tidak ingin memberi kesempatan pemain Skotlandia untuk mengembangkan permainan.

fifa.com

Apalagi pada waktu yang bersamaan Skotlandia butuh kemenangan untuk lolos. Tak pelak laga terakhir fase grup berjalan keras sejak peluit tanda dimulainya pertandingan ditiupkan.

Dan tepat hari ini 34 tahun silam rekor tak terduga tercipta pada laga Uruguay vs Skotlandia. Belum genap satu menit laga berjalan, wasit sudah harus mengeluarkan kartu merah untuk Jose Batista.

Pemain Uruguay itu melakukan pelanggaran keras pada Gordon Strachan. Ia menekel Strachan dari belakang ketika bintang Skotlandia menerima lemparan ke dalam dari rekannya.

Masuk Guinnes Book of World Records

Tanpa ampun wasit langsung mengusir Jose Batista ke luar lapangan. Kartu merah pada detik ke-56 itu sampai saat ini menjadi rekor kartu merah tercepat sepanjang sejarah Piala Dunia. Nama bintang Uruguay itu juga masuk dalam Guinnes Book of World Records sebagai pemain tercepat yang dikartu merah wasit.

La Celeste harus bermain dengan 10 orang sejak menit pertama. Sedangkan Gordon Strachan mampu melanjutkan pertandingan kendati membutuhkan perawatan cukup lama di pinggir lapangan.

Evening Standard

Beruntung bagi Uruguay, kalah jumlah pemain tidak membuat mereka kalah dalam hasil akhir. Dengan skema bertahan yang sangat disiplin mereka mampu menahan imbang Skotlandia tanpa gol.

Hasil ini sudah cukup untuk uruguay melaju ke 16 besar Piala Dunia 1986. Namun, hanya sampai di situ perjalanan mereka selama di Meksiko. Mereka dikalahkan negara tetangga, Argentina, dengan skor 0-1. Dan pada akhirnya Argentina keluar sebagai juara.

Terlepas dari aksi brutalnya tersebut, Jose Batista tetap terus diandalkan Uruguay hingga 1993. Jika ditotal, ia membuat 14 penampilan bersama tim nasional.

Nostalgia Hari IniPiala DuniaPiala Dunia 1986