Nostalgia Hari Ini: Rekor Xavi dalam Kemenangan Susah Payah Barcelona

Football5star.com, Indonesia – Barcelona tidak hanya besar karena prestasi menterengnya. Tapi juga akademi La Masia yang telah menciptakan pemain-pemain top dunia.

Berbicara La Masia, tak boleh kita melupakan sosok Xavi Hernandez. Dia merupakan satu dari ratusan talenta hebat yang dilahirkan akademi Barcelona.

Menimba ilmu di La Masia, sudah pasti Xavi mengabdikan hampir seluruh kariernya untuk Barcelona. Sudah bergabung sejak berusia 11 tahun di akademi, sang kreator akhirnya merasakan debut profesional pada 1998 silam.

zimbio

Sejak saat itu posisi Xavi tak tergantikan di lini tengah. Ia terus dimainkan hingga melewati beberapa rekor penampilan. Salah satu yang membanggakan dibuat pada hari ini sembilan tahun lalu.

Seperti biasa, Pep Guardiola menurunkan Xavi Hernandez sebagai starter dalam lanjutan LaLiga. Namun, keputusan ini rupanya punya makna sejarah untuk sang gelandang.

Hari itu dia mencatatkan 549 penampilan untuk El Barca. Artinya ia menyamai rekor penampilan milik legenda terdahulu, Migueli, yang berada di peringkat kelima pemilik caps terbanyak Barcelona sepanjang sejarah.

Menyamai rekor Migueli rupanya tidak membuat pertandingan Xavi berjalan lancar. Menjamu Levante di Camp Nou, ia menemui kesulitan. Padahal sudah bisa dibayangkan Barca akan menang besar mengingat sang lawan baru saja dipermak Real Madrid 0-8 pada laga sebelumnya.

Akan tetapi, pasukan Pep Guardiola dibuat mati kutu oleh Levante pada babak pertama. Alhasil tidak ada gol yang tercipta.

Deseret News

Baru di babak kedua kebuntuan terpecahkan. Mereka langsung unggul tiga menit setelah jeda lewat Pedro. Dan Pedro pula yang menggandakan keunggulan setelah itu.

Levante sempat memperpanjang nafas ketika Christian Stuani memperkecil keintggalan. Namun, pada akhirnya mereka gagal membuat gol penyama kedudukan.

Pada hari bersejarah untuk Xavi, Barcelona menang susah payah atas Levante dengan skor 2-1. Walau begitu tiga angka sudah cukup menggambarkan hari bahagia untuk sang gelandang.

Tentu saja rekor pria yang kini melatih klub Qatar, Al Sadd, tak berhenti di 549 penampilan. Jumlah penampilannya untuk klub Katalonia kian tak tertandingi. Hengkang 2015 lalu, ia tercatat sebagai pemilik caps terbanyak sepanjang sejarah klub dengan 767 laga.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More