Nostalgia Hari Ini: Roger Milla dan Oleg Salenko Berbagi Rekor Piala Dunia

Football5star.com, Indonesia – Tampil di usia yang sudah tidak muda lagi, bintang Kamerun, Roger Milla, mengejutkan Piala Dunia 1994. Ia memang gagal membawa negaranya berprestasi, tapi apa yang dia buat masih abadi sampai sekarang.

Bukan cuma Roger Milla, ada pemain lain yang mengukir tinta emas di Amerika Serikat. Dia adalah bomber andalan Rusia, Oleg Salenko. Menariknya, kedua pemain mengabadikan namanya pada pertandingan yang sama.

Hari ini, 26 silam, Milla dan Salenko bertemu untuk pertama kalinya. Kamerun menantang Rusia pada laga terakhir fase grup.

oleg salenko-rusia-fifa
fifa.com

Saat itu Rusia menang besar atas Kamerun. Tidak tanggung-tanggung, skor 6-1 menghiasi papan skor. Hebatnya lagi lima dari enam gol Beruang Merah tercipta atas nama Igor Salenko. Sedangkan satu gol lainnya dibuat Dmitri Radchenko.

Ya, dia mencetak lima gol pada laga tersebut. torehan itu sekaligus menjadikan Salenko sebagai pemain pertama yang mampu mencetak lima gol dalam satu laga Piala Dunia.

Striker Rusia tidak sendiri membuat sejarah. Di sisi seberang, Roger Milla juga tidak mau kalah. Masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-45, ia langsung mencetak gol hiburan satu menit berselang.

Planet Football

Dan seperti diketahui, pada Piala Dunia 1994 usia Milla sudah jauh dari kata muda. Dia berusia 42 tahun dan jadi pemain tertua dalam turnamen tersebut.

Tak pelak, golnya ke gawang Beruang Merah menjadikan legenda Kamerun sebagai pencetak gol tertua di Piala Dunia. Predikat ini pun masih bertahan sampai sekarang.

Karier Seumur Jagung Oleg Salenko

Ironisnya, laga tersebut tidak berpengaruh banyak untuk kedua tim. Rusia yang menang besar harus menerima kenyataan gagal lolos ke 16 besar karena hanya menampati peringkat ketiga Grup B. Sedangkan Kamerun berada di posisi juru kunci.

Walau sama-sama membuat rekor dalam satu pertandingan, jalan karier kedua pemain sangat bertolak belakang. Jika Roger Milla mampu membukukan 102 pertandingan bersama timnas Kamerun, Oleg Salenko hanya mencatatkan delapan penampilan dengan torehan enam gol.

Keenam gol pemain yang juga pernah berseragam timnas Ukraina ia ciptakan pada Piala Dunia 1994. Setelah itu karier Salenko meredup. Ia mengalami cedera berkepanjangan hingga memutuskan pensiun dari timnas setahun kemudian.