Nostalgia Hari Ini: Ronaldo Nazario Pecahkan Rekor Gol Piala Dunia

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini 14 tahun yang lalu, terjadi salah satu momen bersejarah dalam kompetisi Piala Dunia. Penyerang timnas Brasil, Ronaldo Luiz Nazario de Lima, berhasil mencetak gol ke gawang Ghana pada Piala Dunia 2006 babak 16 besar. Gol itu merupakan gol ke-15 dia di Piala Dunia.

Dengan 15 golnya itu, Ronaldo menjadi pemain dengan torehan gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia. Dia melewati rekor 14 gol yang dicatat pada Piala Dunia 1974 oleh legenda Jerman Barat, Gerd Mueller.

Nostalgia Hari Ini Ronaldo Nazario Pecahkan Rekor Gol Piala Dunia
Emporium

Ronaldo sebelumnya sudah mencetak dua gol pada babak grup melawan Jepang. Dan pada babak 16 besar, tidak butuh waktu lama untuk dia mencetak gol. Pada menit ke-5, Kaka memberi umpan terobosan manis kepada Ronaldo yang lolos dari jebakan offside, pemain yang saat itu bermain di Real Madrid lalu melakukan drible ciri khasnya melewati kiper Ghana sebelum melepaskan tembakan.

Gol pertama Ronaldo di Piala Dunia terjadi di babak grup Piala Dunia 1998 melawan Maroko. Dia sebenarnya sudah masuk timnas Brasil di Piala Dunia 1994, tapi tak dimainkan sama sekali.

Rekor Lainnya

Selain rekor gol terbanyak, golnya melawan Ghana itu juga menjadikan Ronaldo sebagai pemain yang bisa mencetak minimal tiga gol di tiga Piala Dunia yang berbeda bersama Legenda Jerman, Juergen Klinsmann.

Tapi sayang, gol ini juga merupakan gol terakhir Ronaldo bukan hanya di Piala Dunia, tapi juga di timnas Brasil. Total Il Fenomeno mencetak 62 gol bersama timnas Brasil. Itu menjadikan dia top skorer kedua Brasil dibawah Pele.

Brasil akhirnya tersingkir di babak perempat final melawan Prancis. Ronaldo sendiri sudah tak bermain lagi di timnas setelah itu. Tapi pada 2011, dia menjalani pertandingan terakhirnya sekaligus pertandingan perpisahan bersama timnas Brasil saat laga persahabatan melawan Romania. Di laga itu dia bermain selama 15 menit di babak pertama dan berduet dengan penyerang muda Santos, Neymar.

Tapi, rekor yang dimiliki Ronaldo saat ini sudah dikalahkan oleh Legenda Jerman, Miroslav Klose, di Piala Dunia 2014. Klose mencetak total 16 gol dari 4 Piala Dunia yang berbeda.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More