Nostalgia Hari Ini: Saat Diego Maradona Tertarik Latih Timnas Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Legenda sepak bola dunia, Diego Maradona, pernah berkunjung ke Indonesia pada 2013 lalu. Bahkan, dalam wawancaranya kepada media, 30 Juni 2013, dia pernah mengutarakan ketertarikannya melatih Timnas Indonesia.

Saat itu, Maradona memang diundang ke Indonesia oleh Basri (Badan Sepak Bola Rakyat Indonesia). Dia melakukan coaching clinic di dua kota, yakni Surabaya dan Jakarta. Saat di Surabaya, sosok yang dikenal dengan gol tangan Tuhannya itu didampingi Andik Vermansah dan M Taufiq. Saat itu, sepak bola Indonesia jua baru saja pulih dari konflik dualisme.

Dalam keterangannya kepada media, legenda sepak bola Argentina itu sempat mengutarakan minatnya menjadi nahkoda Timnas Indonesia. Dia siap saja membangun bola Indonesia.

“Saya siap dan mau menjadi pelatih di sini, tetapi dengan syarat tidak ada pelatih kepala yang sedang menjabat. Sebab, saya menghomati tentang persoalan itu,” kata Diego Maradona saat itu.

Nostalgia Hari Ini: Saat Diego Maradona Tertarik Latih Timnas Indonesia
Dok Tempo

“Untuk sekarang, kedatangan saya belum punya pikiran sebagai pelatih Timnas sebab saat ini Timnas Indonesia sudah memiliki pelatih. Sekali lagi, saya tidak mau merebut jabatan,” sambung mantan pemain Barcelona itu.

Pernah Bobol Gawang Indonesia

Semasa jadi pemain, Maradona ternyata pernah membobol gawang Timnas Indonesia. Hal itu saat Indonesia dan Argentina bertemu dalam Piala Dunia U-20 1979 lalu di Tokyo, Jepang. Indonesia saat itu berhasil lolos ke sana karena beberapa negara mundur.

Irak kala itu mundur dan Korea Utara sebenarnya jadi negara yang ditunjuk. Tapi Korut menolak dan Indonesia yang cuma lolos hingga perempat final Piala Asia Junior 1978 akhirnya dipilih untuk ikut dalam putaran final itu

Kala itu, Indonesia dan Argentina berada dalam Grup B bersama Polanda serta Yugoslavia. Bisa ditebak, saat bersua dengan Argentina, Indonesia menjadi bulan-bulanan.

Nostalgia Hari Ini: Saat Diego Maradona Tertarik Latih Timnas Indonesia
Pemain Timnas U-20 Indonesia yang dikalahkan Argentina. Dok Fokus

Indonesia yang diperkuat Zulkarnain Lubis cs itu takluk lima gol tanpa balas, dua di antaranya dikemas oleh Diego Maradona. Dalam tiga laga di fase grup, Skuat Garuda Muda saat itu selalu menelan kekalahan. Setelah takluk lima gol tanpa balas, Indonesia kala itu jua kalah 0-6 dari Polandia, dan digunduli Yugoslavia lima gol tak berbalas juga.