Nostalgia Hari Ini: Saat Mark Hughes Mainkan Dua Laga Dalam Sehari

Football5Star.com, Indonesia – Pada hari ini, 11 November, 33 tahun yang lalu, suatu kejadian unik terjadi di mana Mark Hughes bisa bermain di dua pertandingan dalam satu hari. Lebih hebatnya, Hughes bermain di dua negara yang berbeda! Bagaimana itu bisa terjadi?

Hughes saat itu merupakan pemain Barcelona yang sedang dipinjamkan ke Bayern Munich. Saat itu Hughes baru melakukan debutnya bersama Bayern dengan mencetak 1 gol melawan Uerdingen. Dia ingin mencoba kembali tampil baik di laga keduanya, yakni saat Bayern bermain di laga replay DFB-Pokal melawan Borussia Moenchengladbach.

Tapi ada satu masalah, di hari yang sama, timnas Wales harus berhadapan melawan Cekoslowakia di laga hidup mati kualifikasi Euro 1988. Pada saat itu, tidak ada yang namanya jeda internasional seperti saat ini. Wales sangat membutuhkan Hughes karena mereka harus menang jika ingin lolos ke Euro 1988.

Nostalgia Hari Ini Saat Mark Hughes Mainkan Dua Laga Dalam Sehari
The Guardian

Alih-alih membiarkan Hughes memilih siapa yang harus dia bela, general manajer Bayern, Uli Hoeness mengeluarkan ide gila yang membuat Hughes bisa bermain di kedua laga. Laga Wales kick off pada jam 1 waktu setempat, sedangkan Bayern kick off pada jam 7 waktu setempat.

Benar saja, Hoeness menyiapkan sebuah mobil di Praha yang akan mengantarnya ke jet pribadi di bandara dan terbang langsung ke Munich. Di sana dia akan dijemput oleh Porsche milik Hoeness langsung ke Olympiastadion.

Tampil di babak kedua

Sayang bagi Hughes, Wales gagal lolos ke Euro 1988 karena kalah 2-0, tapi dia tak boleh meratapi kegagalan negaranya karena dia harus segera terbang ke Jerman. Skenario yang diterapkan Hoeness berjalan sempurna. Hughes datang ke Olympiastadion saat pergantian babak. Sungguh luar biasa mengingat Hughes bermain untuk Wales di Praha 2 jam sebelumnya.

“Tak ada yang percaya. Saya seharusnya berada ratusan kilo meter di Praha. Itu mustahil. Dan semua pemain Borussia sangat terkejut,” kata Hughes.

Nostalgia Hari Ini Saat Mark Hughes Mainkan Dua Laga Dalam Sehari
BBC

Dia akhirnya melakukan pemanasan dan masuk menjadi pemain pengganti tepat setelah Bayern tertinggal 1-0 lewat gol Gunter Thiele. Setelah itu, Lothar Matthaus berhasil menyamakan kedudukan dan Hughes hampir mencetak gol lewat tendangan voli. Laga dilanjutkan pada babak tambahan dan Bayern berhasil menang 3-2 lewat tambahan dua gol dari Michael Rummenigge.

Karier Mark Hughes di Bayern Munich dan Barcelona tak bertahan lama. Dia kembali ke klub yang membesarkannya, Manchester United, dan menjadi salah satu pemain kunci di era dominasi United pada masa awal Premier League.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More