Nostalgia Hari Ini: Tercipta Salah Satu Kemenangan Terbesar Timnas Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 2004 silam tercipta salah satu kemenangan terbesar Timnas Indonesia di Piala AFF. Hal itu saat 13 Desember 2004, Indonesia menggulung Kamboja delapan gol tanpa balas.

Penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF 2004 memang terbilang sangar. Dibesut oleh Peter Withe, Indonesia tampil sangat terengginas di fase grup dengan memuncaki klasemen setelah meraup 10 poin hasil 3 menang dan sekali imbang dalam empat laga.

Bahkan, tim Garuda kala itu mengemas total 17 gol dan tanpa kemasukan sekalipun di Grup A. Nah, delapan dari 17 gol itu tercipta pada 13 Desember 2004 saat Indonesia menghadapi Kamboja di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam.

Memang, sebelum melawan Indonesia, Kamboja sudah babak belur. Mereka digulung 1-9 oleh Vietnam dan takluk 1-2 dari Laos. Timnas Indonesia pun tak memberikan ampun dalam laga tersebut.

Nostalgia Hari Ini: Tercipta Salah Satu Kemenangan Terbesar Timnas Indonesia
AFP

Ilham Jaya Kesuma saat itu menjadi bintang kemenangan Indonesia. Saat itu, legenda Persita Tangerang tersebut mencetak hat-trick ke gawang Kamboja. Lalu Kurniawan Dwi Yulianto dan Elie Aiboy masing-masing memberikan dua gol. Kemudian aksi Ortizan Solossa menit ke-90 menutup pesta delapan gol tanpa balas Indonesia ke gawang Kamboja.

Partai itu sekaligus membawa Indonesia ke semifinal. Pada empat besar, timnas Indonesia lantas singkirkan Malaysia dengan agregat 5-3. Sayang, di laga final Indonesia takluk 2-5 dari Singapura secara agregat.

Salah Satu Kemenangan Terbesar Indonesia

Kemenangan delapan gol tak berbalas atas Kamboja itu, salah satu yang terbesar buat Timnas Indonesia di Piala AFF. Ada beberapa kemenangan besar lain yang sempat diciptakan Garuda.

Salah satunya yang terbesar ialah di Piala AFF 2002. Saat itu, Indonesia membantai Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dengan skor mencolok, 13-1. Kala itu, Bambang Pamungkas dan Zaenal Arif masing-masing mengemas empat gol, Bejo Sugiantoro dua gol, dan satu gol dari Budi Sudarsono dan Imran Nahumamury melengkapinya.

Skor terbesar yang terbaru tercipta pada 2010 silam. Kala itu skuat Merah Putih menggasak Laos enam gol tanpa balas di SUGBK lewat dua gol Firman Utina, satu gol masing-masing diciptakan M Ridwan, Irfan Bachdim, Arif Suyono, dan Oktavianus Maniani.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More