Nostalgia Hari Ini: Sambaran Petir Merenggut Nyawa Pemain Inggris

Football5star.com, Indonesia – Sambaran petir tak jarang mengganggu pertandingan sepak bola. Banyak pertandingan yang terpaksa ditunda, ada pula pemain yang meregang nyawa karenanya.

Kejadian mengerikan ini sudah beberapa kali terjadi. Salah satu yang mengenaskan dialami Tony Allden, pesepak bola asal Inggris.

Nama Tony Allden memang asing di telinga. Maklum saja, dia hanya bermain untuk klub amatir Inggris, Highgate United. Tapi apa yang dia lakukan untuk klub sungguh luar biasa.

thenonleaguefootballpaper.com

Allden berhasil membawa Highgate United menembus perempat final Piala FA amatir 1967 silam. Di perempat final mereka sudah ditunggu Enfield, klub yang lebih difavoritkan karena berada dua level di atas Highgate.

Hari pertandingan pun tiba. Tony Allden dan kolega tandang ke markas Enfield. Stadion berkapasitas dua ribu penonton penuh sesak.

Sayang, pertandingan berlangsung di bawah hujan lebat. Lapangan yang tidak sempurna bertambah buruk karena genangan yang mengganggu laju bola.

Akan tetapi, tidak ada yang lebih buruk kala petir menyambar stadion pada pukul 15:27 waktu setempat. Pertandingan yang baru berjalan 30 menit terhenti seketika.

Allden yang berdiri tepat di tengah lapangan terlihat tumbang. Dia tersambar petir. Sementara dua pemain lain, Eric Taylor dan Roy Taylor pingsan karena shock.

Tribun untuk Tony Allden

Pemain lain menolong ketiganya. Kondisi Tony Allden paling mengenaskan karena terdapat bekas luka akibat sambaran petir.

Sempat dirawat intensif, nyawa Allden tidak bisa diselamatkan. Ia meninggal sehari kemudian karena luka yang dialami dan pacu jantung yang kian tak terkendali.

isthmian.com

Fan berduka atas kematian Tony Allden. Pihak FA yang sejatinya mengusulkan laga ulang berlangsung tiga hari setelahnya akhirnya menunda hingga satu bulan lamanya.

Laga ulangan akhirnya dilangsungkan di Villa Park. Highgate United yang masih berkabung harus mengakui keunggulan Enfield dengan skor 0-6.

Pada hari yang berbeda, bertempat di stadion Highgate Tythebarn Lane, ratusan fan berkumpul. Mereka menabur bunga untuk mengenang mendiang pemain yang baru berusia 22 tahun. Beberapa tahun kemudian, direksi klub meresmikan Tony Allden Stand untuk mengenang sang pemain.

highgate unitedNostalgia Hari Initony allden