Nostalgia Hari Ini: Sejarah Baru Javier Zanetti Bersama Timnas Argentina

Football5star.com, Indonesia – Namanya memang tidak semegah Diego Maradona, Lionel Messi, atau Gabriel Batistuta. Tapi jika berbicara soal loyalitas dan kesetiaan, Javier Zanetti adalah juaranya.

Di tingkat klub saja, Javier Zanetti hanya mengenal Banfield dan Inter Milan. Sementara bersama timnas Argentina, ia adalah pekerja keras yang senantiasa berlari ke sana ke sini.

Zanetti adalah simbol loyalitas. Di timnas Argentina dia adalah kapten tim selama beberapa tahun. Sudah sejak 1994 silam dia melakoni debut di negara tercinta. Memang usia debutnya tidak semuda Diego Simeone atau Ariel Ortega.

Mundo Albiceleste

Tapi apa yang kemudian dia torehkan melebihi dari dua sejawatnya itu. Sejak debut 1994 silam, Zanetti selalu diandalkan di lini belakang Albiceleste. Siapa pun pelatihnya, nama dia selalu masuk starting 11.

Tak heran jika 13 tahun kemudian pemain berjuluk El Tractor menggoreskan tinta emas dalam karier internasional. Tepat pada hari ini 2007 lalu dia jadi pemegang rekor caps terbanyak Albiceleste.

Hari bersejarah itu ditandai oleh pertandingan Argentina melawan Bolivia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia. Bermain di hadapan 43 ribu suporter yang memadati stadion Antonio Liberti, Buenos Aires, Zanetti mencatatkan penampilan ke-116.

Rekornya Dipatahkan Javier Mascherano

goal

Mengukuhkan diri sebagai pemegang caps terbanyak kala itu, legenda Inter Milan pun mempersembahkan kado istimewa. Yakni kemenangan tiga gol tanpa balas. Tiga gol tuan rumah hari itu dipersembahkan oleh Sergio Aguero dan Juan Roman Riquelme yang mencetak brace.

Mewakili negara di dua Piala Dunia, yakni 1998 dan 2002, Javier Zanetti memutuskan pensiun 2011 lalu. Jika ditotal dia adalah pengoleksi 143 penampilan bersama Albiceleste. Namanya pun sempat berada di daftar paling atas pemilik caps terbanyak selama bertahun-tahun sebelum dipatahkan Javier Mascherano tiga tahun lalu.

Hingga saat ini Javier Mascherano menjadi pemain Argentina sebagai penampilan terbanyak dengan 147 laga. Disusul Zanetti di tempat kedua dan Lionel Messi di urutan ketiga dengan 140 penampilan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More