Nostalgia Hari Ini: Sol Campbell Bikin Dosa Terbesar di Liga Inggris

Football5star.com, Indonesia – Pada 3 Juli 2001, Sol Campbell, bikin dosa terbesar di Liga Inggris. Ia mengkhianati Tottenham Hotspur dan bergabung ke Arsenal.

Sebelum Campbell, tak ada pemain besar di Liga Inggris yang punya nyali untuk pindah ke klub rival. Sebab, mereka tahu bakal dicap pengkhianat seumur hidup mereka.

Meski demikian, Campbell cuek saja. Ia nekat pindah, meski akhirnya sampai sekarang ia dijuluki ‘Judas’ oleh pendukung Tottenham.

Sol Campbell AFP
AFP

Yang menarik, kepindahan Campbell ke Arsenal sama sekali tidak terendus media Inggris. Saat Arsenal menjadwalkan jumpa pers pada 3 Juli 2001 pukul 12 siang waktu setempat untuk perkenalan pemain baru, hanya dua wartawan yang datang.

Dan keduanya mengira Arsenal akan memperkenalkan Richard Wright, kiper Ipswich Town yang digadang-gadang menjadi pengganti David Seaman, di Arsenal dan di Timnas Inggris.

“Kami menjalin kesepakatan yang tidak pernah tersebar,” ujar Manajer Arsene Wenger di situs resmi Arsenal.

“Saya ingat jumpa persnya, ketika saya bilang kami akan memperkenalkan seorang pemain. Tidak ada yang datang. Lokasinya di sini, di tempat latihan. Hanya dua wartawan yang hadir. Saya tidak akan pernah melupakan wajah wartawan-wartawan itu ketika Sol masuk. ‘Sol Campbell dari Tottenham’, mereka tidak percaya!”

Banjir Gelar

Sol Campbell Getty Images
Getty Images

Bersama Arsenal, Campbell meraih lima gelar domestik dalam kurun waktu lima musim. Dari semua gelar itu, tentu saja, yang paling spesial adalah gelar juara Premier League 2003/04 saat Arsenal keluar sebagai juara tak terkalahkan.

Atas keberhasilan itu, The Gunners menjadi satu-satunya tim yang punya trofi Premier League berlapis emas di kabinetnya.

Kebersamaan pertama Campbell dengan Arsenal berakhir usai final Liga Champions 2006. Kala itu, Arsenal yang bermain dengan 10 orang setelah Jens Lehmann dikartu merah harus menyerah dari Barcelona dengan skor 1-2. Gol semata wayang Arsenal di laga itu dicetak oleh Campbell.

Sol Campbell tidak pernah menyesal pindah ke Arsenal. Sama sekali tidak. Baginya, keputusan pindah ke Arsenal pada musim panas 2001 itu adalah sesuatu yang perlu dilakukannya.

Sol Campbell
skyspots.com

“Pindah ke Arsenal adalah langkah besar untuk saya. Semua yang dimiliki Arsenal saat itu lebih baik ketimbang Spurs, mulai dari pemain, manajemen, sampai mentalitas,” tutur Campbell kepada ESPNFC.

“Saya ingin mengembangkan diri saya baik sebagai pribadi maupun pesepak bola. Kepindahan itu benar-benar kontroversial dan penggemar Spurs belum bisa melupakannya, tetapi itu adalah hal terbaik yang bisa saya lakukan untuk diri sendiri,” ucapnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More