Nostalgia Hari Ini: Surabaya United Berganti Wajah Jadi Bhayangkara FC

Football5star.com Indonesia – Bhayangkara FC mendeklarasikan 10 September sebagai hari kelahiran mereka. Hal itu dipicu dari diresmikannya pergantian nama Bhayangkara Surabaya United menjadi Bhayangkara FC pada 10 September 2016.

Sejarah mencatat, kemunculan Bhayangkara FC penuh dengan polemik dan kontroversi. Semua berhulu dari keputusan Persebaya Surabaya berkompetisi di Liga Primer Indonesia pada 2010 silam dengan menggunakan nama Persebaya 1927.

Peresmian Bhayangkara Surabaya United menjadi Bhayangkara FC - liputan6
Liputan6.com

Sementara itu, beberapa tokoh besar sepak bola Indonesia, salah satunya Wisnu Wardhana, mengakuisisi Persikubar Kutai Barat dan memindahkannya ke Surabaya. Pada saat itu pula, Persikubar di bawah kepemilikan PT. Mitra Muda Inti Berlian (MMIB) diubah menjadi Persebaya Surabaya untuk bekompetisi di Liga Super Indonesia.

Meski sudah menggunakan nama Persebaya Surabaya, tak lantas dukungan Bonek bisa diraih. Pasalnya, Persebaya yang berkompetisi di LPI dianggap yang asli oleh Bonek.

Polemik sejak saat itu kian memanas hingga merambah ke meja hijau. Singkat cerita, Persebaya 1927 akhirnya memenangi gugatan atas hak merek dan logo. Hal itu yang membuat Persebaya Surabaya versi PT MMIB yang sempat menambahkan nama “United” pada Piala Presiden 2015, harus mengganti nama.

Pada turnamen Piala Jenderal Sudirman 2015 mereka pun menggunakan nama Bonek FC sebagai identitas hingga pada akhirnya kembali berganti menjadi Surabaya United.

Pada 12 April 2016, mereka melakukan merger dengan PS Polri hingga menambahkan nama jadi Bhayangkara Surabaya United (BSU) untuk mengikuti turnamen Piala Bhayangkara 2016.

Bhayangkara FC - Syafaruddin/JPcom)
M. Syafaruddin

Periode transformasi tak lantas berakhir. BSU yang akan mengikuti turnamen Indonesia Soccer Championship A 2016 kembali berganti nama, kali ini menjadi Bhayangkara FC. Deklarasi peresmian nama tersebut dilakukan pada 10 September 2016, yang lantas dijadikan hari lahir mereka.

Nama Bhayangkara FC bertahan hingga saat ini. Hebatnya, Bhayangkara FC mampu langsung menjuarai Liga 1 hanya setahun setelah pendeklarasian hari lahir.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More