Nostalgia Hari Ini: Terciptanya Hat-trick Tercepat di Seantero Inggris

Football5star.com, Indonesia – Pada 2015, Sadio Mane mencetak sejarah dengan menjadi pemain di kasta tertingi Liga Inggris yang cetak hat-trick tercepat. Mane yang saat itu masih membela Southampton cetak tiga gol hanya dalam waktu 2 menit 56 detik. Namun Mane masih kalah dengan James Hayter.

24 Februari 2004, rekor tercipta di Liga Inggris atas nama dirinya. James Hayter yang saat itu membela Bournemouth sukses mencetak hat-trick tercepat di Liga Inggris hanya dalam waktu 2 menit 20 detik. Rekor itu ia torehkan saat Bournemouth jumpa Wrexham di Dean Court dalam lanjutan Divisi Dua Liga Inggris.

Nostalgia Hari Ini: Terciptanya Hattrick Tercepat di Seantero Inggris
Bournemouthecho.co.uk

Hayter masuk saat timnya sudah unggul 3-0. Keunggulan itu bertambah setelah Hayter mencetak gol pertama pada menit ke-84, diteruskan pada menit ke-86 dan 88. Artinya dalam tempo waktu 140 detik, ia mampu membobol gawang Wrexham.

Sebelumnya rekor hat-trick tercepat di kompetisi Liga Inggris tercipta atas nama Jimmy Scarth dari Gillingham, Scarth mencetak tiga gol pada 1952 hanya dalam tempo waktu 130 detik saja.

Saat cetak tiga gol dalam tempo 140 detik itu, Hayter berumur 25 tahun. Ia menjadi salah satu pemain dari akademi yang bertahan di Bournemouth. Bukan perkara mudah bagi Hayter bisa bertahan lama di Bournemouth.

“Saya berada di tim yunior dan itu juga waktu yang sulit bagi kami. Kami semua berharap untuk mengambil langkah pertama dalam karier bermain, tetapi kami tidak yakin apakah saat itu klub bisa bertahan,” kenang Hayter seperti dikutip Football5star.com dari Bournemouthecho.co.uk, Rabu (22/2/2021).

James Hayter memang bukan striker ternama di Inggris. Bahkan saat pertama mendapat kontrak profesional bersama Bournemouth, ia hanya mendapat gaji sebesar 125 poundsterling per pekan.

Cerita lain dari tiga gol James Hayter

Ada satu cerita menarik saat Hayter cetak tiga gol ke gawang Wrexham pada 2004 itu. Dikutip dari footballsite.co.uk, saat laga berlangsung, keluarga Hayter sebenarnya menonton langsung di stadion.

Ayah, ibu, serta saudara laki-lakinya datang langsung ke Dean Court, berharap bisa menyaksikan putranya bermain. Namun hingga pertengahan babak kedua, tak ada tanda-tanda Hayter bermain. Mereka pun memutuskan meninggalkan stadion, 10 menit sebelum sang putra cetak rekor.

Terciptanya Hattrick Tercepat di Seantero Inggris2
Sky Sport

Keluarga Hayter pulang lebih awal untuk naik feri kembali ke rumah mereka di Isle of Wight dan kehilangan momen saat anaknya mencetak hat-trik hanya dalam tempo 140 detik.

Meski begitu bagi fan Bournemouth, namanya tetap berada di tempat istimewa. Ia masuk dalam jajaran lima besar pencetak gol terbanyak sepanjang masa The Cherries. 94 gol ia torehkan untuk Bournemouth dari 1997 hingga 2007.

Sayangnya lepas tiga gol cepat itu, karier Hayter hanya berkutat di klub-klub kecil. Pemain yang mencetak 176 gol dari 721 pertandingan tersebut pada 2017 pensiun di klub kecil, Weymouth.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More