Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2000

Football5Star.com, Indonesia – Pada hari ini, 20 November, 21 tahun yang lalu, timnas Indonesia berhasil lolos ke AFC Asian Cup atau Piala Asia untuk kedua kalinya secara beruntun. Indonesia lolos dengan mengalahkan Kamboja dengan skor telak 9-2.

Tiga tahun sebelumnya, Indonesia berhasil lolos untuk pertama kalinya ke Piala Asia, tepatnya Piala Asia 1996. Kali ini tim asuhan pelatih Nandar Iskandar itu mencoba untuk mengulangi kesuksesan timnas untuk bisa lolos ke Piala Asia 2000.

Kualifikasi Piala Asia Grup 7

Ada 10 grup di babak kualifikasi dengan hanya sang juara grup yang bisa lolos ke Piala Asia 2000, menyusul tuan rumah Lebanon, dan juara bertahan, Arab Saudi.

Memang juga ada faktor keberuntungan dari segi undian grup. Indonesia masuk ke Grup 7, satu-satunya grup yang hanya diisi tiga tim. Dua tim yang menjadi lawan Indonesia adalah Hongkong, Kamboja, dua tim yang di atas kertas kualitasnya di bawah Indonesia.

Nostalgia Hari Ini Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2000
Getty Images

Tapi, Indonesia malah hampir kalah saat bertandang ke Hongkong. Beruntung Rochy Putiray berhasil menyamakan kedudukan di penghujung laga. Tapi, Bambang Pamungkas cs berhasil menang meyakinkan 3-1 di pertemuan kedua.

Indonesia butuh sampai laga terakhir untuk bisa memastikan lolos ke Piala Asia yang diadakan pada 20 November, 1999. Indonesia bertemu Kamboja di Stadion Senayan.

Sebenarnya Tim Garuda sudah diyakini akan lolos, karena satu-satunya skenario yang bisa menggagalkan mereka tak lolos adalah Kamboja harus menang dengan defisit lima gol. Tentu saja hal itu hampir mustahil, mengingat pada pertemuan pertama di Phnom Penh, Indonesia berhasil menang telak 5-1.

Betul saja, Indonesia berhasil menang dengan skor 9-2. Rochy Putiray berhasil mencetak hat-trick dan Bepe mencetak brace. Empat gol lainnya dicetak oleh Eko Purjianto, Imran Nahumarury, Uston Nawawi, dan Widodo CP. Kamboja hanya mampu membalas lewat dua gol dari Hok Suchetra.

Hancur Lebur di Piala Asia 2000

Nostalgia Hari Ini Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2000
greatballofchina

Pada putaran final di Lebanon, Timnas Indonesia masuk ke Grup B bersama dengan Kuwait, Tiongkok, dan Korea Selatan. Optimisme tinggi sempat menyelimuti Rochy Putiray dkk setelah berhasil menahan imbang Kuwait 0-0.

Namun setelah itu, Indonesia jadi bahan pembantaian dua tim Asia Timur. Pertama Tiongkok dengan mengalahkan Indonesia 4-0. Lalu di laga terakhir sebenarnya ada peluang untuk timnas bisa lolos ke perempat final sebagai peringkat tiga terbaik jika menang. Namun mereka malah kalah 3-0 dari Korea Selatan dengan penyerang muda mereka, Lee Dong-gook, mencetak hat-trick.

Timnas Indonesia sudah tak pernah lagi lolos ke Piala Asia sejak menjadi tuan rumah di 2007.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More