Nostalgia Hari Ini: Indonesia Takluk di Stadion Bukit Jalil

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 26 Desember, 10 tahun lalu, terjadi satu momen yang membuat seluruh masyarakat Indonesia sangat kecewa. Ya, 10 tahun lalu, Timnas Indonesia harus takluk dengan skor 3-0 di Final Piala AFF 2010 leg 1 melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil.

Sampai saat ini, Indonesia tak pernah menjadi juara Piala AFF/Piala Tiger walaupun menjadi runner-up 5 kali. Tapi dari sekian banyak edisi Piala AFF, edisi 2010 mungkin yang paling banyak disesali.

Indonesia yang dilatih oleh pelatih Alfred Riedl diisi oleh pemain-pemain top dengan komposisi pemain muda sepeti Okto Maniani, pemain senior seperti Bambang Pamungkas, dan pemain naturalisasi seperti Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales.

Nostalgia Hari Ini Indonesia Takluk di Stadion Bukit Jalil
Goal

Skuad Garuda datang ke partai final dengan rekor 100 persen kemenangan dengan mencetak 15 gol dan kebobolan 2 gol, termasuk mengalahkan penguasa kompetisi, Thailand, di babak grup 2-1.

Yang lebih membuat kepercayaan diri Indonesia tinggi, mereka bertemu Malaysia di partai final, lawan yang mereka kalahkan 5-1 di babak grup. Tentu saja seluruh masyarakat Indonesia yakin timnya akan menjadi juara, tapi hasilnya berkata lain.

Jalannya Pertandingan

Bermain di hadapan 98 ribu penonton di Bukit Jalil, laga baru berjalan seru pada babak kedua. Cristian Gonzales sebenarnya mampu mencetak gol di awal babak kedua, tapi golnya dianulir karena dia berada pada posisi offside.

Laga sempat diberhentikan pada menit ke-53 setelah ada insiden laser yang diarahkan oleh fans Malaysia ke arah kiper Markus Horrison, tapi laga bisa dijalankan kembali.

Petaka bagi pasukan Alfred Riedl datang pada menit ke-60. Maman Abdurahman melakukan blunder dan bola direbut oleh Norshahrul. Dia memberi umpan cutback ke Safee Sali yang dengan mudah memasukkan bola ke gawanh Markus.

8 menit kemudian, Harimau Malaya kembali mencetak gol. Norshahrul memberi umpan yang mengenai salah satu pemain Indonesia, bola liar mengarah ke kaki M. Ashari yang berhasil melepaskan tembakan ke gawang Markus.

4 menit kemudian, Malaysia kembali mencetak gol. Mahalli memberi umpan crossing cantik ke Safee yang berhasil menanduk bola masuk ke gawang. Laga berakhir dengan skor 3-0.

Timnas Indonesia akhirnya gagal menjadi juara Piala AFF untuk pertama kalinya setelah mereka hanya bisa membalas dengan skor 2-1 di Gelora Bung Karno. Indonesia gagal juara walaupun meraih 6 kemenangan dan hanya 1 kali kalah. Para suporter harus melihat kapten Malaysia, Safiq Rahim mengangkat piala di GBK.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More