Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia, Wakil Asia Pertama di Piala Dunia

Football5Star.com – Hari ini, 82 tahun yang lalu sangat bersejarah buat perjalanan Timnas Indonesia. Sebab, pada 5 Juni 1938, untuk kali pertama Indonesia bisa mentas dalam turnamen akbar Piala Dunia.

Saat itu, sebanyak 15 negara mengikuti Piala Dunia 1938 dengan format turnamen sistem knock-out. Selain Indonesia, ada pula Prancis sebagai tuan rumah, lalu Italia, Jerman, Swedia, Norwegia, Brasil, Kuba, Swiss, Polandia, Rumania, Hongaria, Cekoslowakia, Belanda dan Belgia.

Timnas Indonesia yang kala itu bernama Hindia-Belanda langsung menghadapi tim kuat, Hongaria di Stadion Stade Velodrome, Reims. Saat itu, sebelas pemain yang dipercaya main ialah Mo Heng, Samuels, Hukom, Anwar, F. Meeng, Nawir (c), Pattiwael, Zomers, Darmadji, Taihitu dan Hong Djien.

Laga yang disaksikan oleh 9 ribu penonton itu tampak berjalan berat sebelah. Sebab, Indonesia sudah kejebolan sejak menit ke-12 hingga takluk enam gol tanpa balas. Itu merupakan skor terbesar dalam putaran pertama Piala Dunia 1938. Meski begitu, Indonesia tetap tercatat sebagai wakil Asia pertama yang ada di Piala Dunia.

Hongaria sendiri sukses melaju sampai ke final dalam turnamen akbar saat itu. Mereka jua sukses menjadi juara setelah menaklukkan 4-2 Italia dalam partai puncak.

Meski langsung angkat koper, dikutip dari Poestaha Depok, Timnas Indonesia kembali mengadakan laga uji coba melawan Belanda. Saat itu, Belanda juga langsung kalah pada pertandingan pertama menghadapi Ceko.

Dalam pertandingan persahabatan yang digelar di Amsterdam, 22 Juni, Hindia-Belanda saat itu kalah 2-9. Dua go, Indonesia saat itu diciptakan oleh Pattiwel dan Taihitu. Dua laga itu tercatat secara resmi oleh FIFA dan KNVB.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More