Nostalgia Hari Ini: Tottenham Hotspur Cetak Selusin Gol Lebih

Football5star.com, Indonesia – Manchester United menang telak 9-0 atas Southampton di pekan ke-22 Liga Inggris, Rabu (3/2/2021). Di tanggal yang sama, 61 tahun yang lalu, klub Inggris lainnya, Tottenham Hotspur juga catatkan kemenangan telak dengan skor selusin gol lebih. 3 Februari 1960, Tottenham menang 13-2 atas Crewe Alexandra di ajang Piala FA.

Pertandingan Spurs vs Crewe pada 3 Februari 1960 merupakan partai ulang babak keempat Piala FA. Pada pertemuan pertama, Crewe saat itu mampu menahan imbang 2-2 Spurs pada 30 Januari 1960. Hasil imbang ini sempat bikin kaget publik London.

Tottenham Hotspur Cetak Selusin Gol Lebih
pinterest.de

Hal ini lantaran Crewe saat itu berada di urutan ke-16 divisi keempat Liga Inggris. Sedangkan Spurs berada di puncak klasemen Liga Inggris musim 1959-60. Pada laga kedua di White Hart Lane, Spurs yang saat itu dilatih Bill Nicholson tak mau mengulang kesalahan seperti di partai pertama.

Dalam waktu 30 menit di babak pertama, Spurs langsung unggul 6-1. Babak pertama diakhiri Spurs dengan keunggulan 10-1. Dikutip dari data 11v11.com, 10 gol Spurs babak pertama dicetak oleh Bobby Smith (4 gol), Les Allen (4 gol), Tommy Harmer, dan Cliff Jones. Sedangkan sebiji gol Crewe di babak pertama ditorehkan Tim Coleman pada menit ke-14.

Di babak kedua karena sudah unggul sangat jauh, Spurs sedikit mengendurkan permainan. Meski sedikit mengendurkan serangan, Totttenham menambah 3 gol tambahan di babak kedua yang dicetak oleh Les Allen (2 go) dan penalti Cliff Jones. Sedangkan Crewe hanya mampu membalas lewat gol Bert Llewellyn menit ke-73.

Awal kejayaan Spurs

Sayangnya kemenangan 13-2 atas Crewe tak dilanjutkan Spurs saat bertemu Blackburn Rovers di babak 16 besar Piala FA. Tottenham tersingkir di Piala FA 1959-60 setelah kalah 1-3 dari Blakburn.

pinterest.de

Musim 1959-60, Spurs bisa dibilang sebagai salah satu tim terkuat di Liga Inggris. Meski mereka tersingkir di babak 16 besar Piala FA dari Blackburn, laju mereka di Liga Inggris musim itu terbilang cukup apik. Pada akhir musim, Spurs bertengger di posisi ketiga Divisi Satu Liga Inggris dengan koleksi 53 poin atau selisih 2 poin dari juara musim itu, Burnley.

Spurs yang musim itu diperkuat nama-nama seperti Billy Brown, Maurice Norman, John Smith, hingga Bobby Smith akhirnya mampu meraih masa keemasan satu tahun setelahnya.

Di musim 1960-61, Spurs mampu meraih gelar juara Liga Inggris dan Piala FA. Dua gelar ini membuat Tottenham menjadi klub Inggris pertama yang meraih gelar double di satu musim.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More