Nostalgia Hari Ini: Tragedi Berdarah di Stadion Ibrox

Football5star.com, Indonesia – Pada masanya, stadion Ibrox tidak hanya digunakan Glasgow Rangers. Stadion yang berada di ibu kota Glasgow juga pernah menjadi tempat timnas Skotlandia berlaga.

Selama beberapa tahun Stadion Ibrox menjadi kandang timnas Skotlandia pada dahulu kala. Maklum saja ketika itu Stadion Hampden Park yang kini menjadi markas timnas Skotlandia belum dibangun.

Sebagai informasi, Stadion Ibrox sudah berdiri sejak 1899. Sedangkan Hampden Park baru dibangun empat tahun kemudian.

stadion ibrox-the scotsman
The Scotsman

Dan dibalik kejayaan Skotlandia selama bermain di markas Glasgow Rangers itu, terselip satu cerita mengerikan di sana. Tragedi paling memilukan pun terjadi pada 5 April 1902 silam.

Pada laga yang mempertemukan dua negara “bersaudara” Skotlandia vs Inggris menjelma jadi pertempuran darah di tribun stadion. Bagaimana tidak, tribun yang ada di bagian barat roboh.

Robohnya stadion tersebut disebabkan beberapa alasan. Antara lain karena animo penonton yang tinggi serta bahan dasar tribun yang terbuat dari kayu.

Akibat dari robohnya tribun Barat tersebut, 25 suporter yang ada di sana harus meregang nyawa. Sedangkan 500 penonton lainnya mengalami luka-luka. Situasi ini membuat laga terhenti. Mobil ambulance, tim medis, hingga petugas keamanan turun membantu untuk menyelamatkan para korban.

Korban Berjatuhan, Laga Tetap Dilanjutkan

Ironisnya, pertandingan 5 April 1902 itu tetap dilanjutkan. Pihak penyelenggara bersikeras laga harus tetap selesai selama 90 menit. Dan pada akhirnya pertandingan Skotlandia vs Inggris di Stadion Ibrox tersebut berakhir imbang 1-1.

rangers vs celtic-ibrox-bbc
BBC

Berselang beberapa hari setelahnya, asosiasi sepak bola Inggris dan Skotlandia sepakat untuk membatalkan hasil laga tersebut. Kedua belah pihak kemudian juga menyapakati untuk bertanding ulang di Stadion Villa Park, Inggris.

Pada laga kedua ini, kedua negara mengusung satu tujuan. Laga ini tidak lagi soal kalah dan menang. Tapi mereka kompak untuk membantu para korban tragedi Ibrox. Hasil dari penjualan tiket dan keuntungan laga di Villa Park itu seluruhnya disumbangkan ke para korban.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More