Nostalgia Hari Ini: Trio MSN Bawa Barcelona Raih Treble Keduanya

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 5 tahun lalu, FC Barcelona mengukir sejarah dengan menjadi klub pertama yang meraih Treble Winners dua kali. Prestasi ini tidak lepas dari peran trio penyerang mereka, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar (MSN).

Barcelona sudah lebih dulu menjadi juara La Liga pada Jornada ke-37 melawan Atletico Madrid pada 17 Mei, dan juara Copa del Rey melawan Athletic Bilbao pada 30 Mei. Yang tersisa hanyalah laga final Liga Champions melawan Juventus pada 6 Juni.

Pertandingan diadakan di Olympiastadion, Berlin. Kedua tim sama-sama mengincar Treble mengingat Juventus juga sudah berhasil memenangkan Scudetto dan Coppa Italia. Kedua tim menampilkan performa yang luar biasa di Liga Champions. Tapi Barca sedikit lebih diunggulkan karena memiliki performa yang lebih konsisten.

Jalannya Pertandingan

Barcelona langsung unggul cepat pada menit ke-4. Pergerakan Neymar berhasil menarik perhatian tiga pemain Juventus. Pemain asal Brasil itu memberi umpan ke Iniesta yang muncul dari second line lalu dia memberi umpan ke Ivan Rakitic sebelum pemain asal Kroasia itu mencetak gol.

Kedua tim sama-sama saling serang, namun babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk Blaugrana.

10 menit setelah babak kedua, Juventus berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari backheel Claudio Marchisio yang mengarah ke Stephan Lichsteiner, bek kanan asal Swiss itu langsung memberi umpan ke Carlos Tevez. Marc-Andre ter Stegen berhasil menepis tendangan Tevez, tapi Alvaro Morata berhasil memasukkan bola hasil dari rebound.

Tapi Blaugrana kembali unggul pada menit ke-68. Gigi Buffon berhasil menepis tendangan Lionel Messi, tapi bola rebound jatuh ke kaki Luis Suarez dan berhasil menendangnya dengan tenang.

Beberapa menit kemudian, Neymar berhasil mencetak gol hasil dari umpan Jordi Alba, tapi gol itu dianulir karena dia memasukkan bola dengan tangannya.

Bianconeri menyerang habis-habisan untuk bisa menyamakan kedudukan. Puncaknya pada menit ke-97 ketika semua pemain Juve maju ke kotak penalti, Blaugrana berhasil melakukan serangan balik. Gerard Pique berhasil memenangkan duel udara dan Messi langsung memberi umpan ke Neymar. Pemain asal Brasil itu bekerja sama dengan Pedro sebelum bisa menendang bola ke gawang Buffon. Skor 3-1 berakhir dengan kemenangan Barcelona.

Pasca Laga

Barcelona berhasil meraih gelar Liga Champions kelimanya. Dan mereka menjadi klub pertama yang berhasil meraih Treble setelah mereka mendapatkannya pada 2009.

Laga ini juga merupakan laga terakhir bagi Xavi Hernandez. Xavi mencatatkan total 767 pertandingan bersama Blaugrana sebelum akhirnya pindah ke Al-Sadd.

Trio MSN memiliki statistik luar biasa. Messi berhasil mencatatkan 58 gol dari 57 laga. Neymar 39 gol dari 51 laga. Dan Suarez 25 gol dari 43 laga.

Untuk Juventus, kekalahan ini makin memperparah rekor mereka di final Liga Champions. Mereka kalah 6 kali dari 8 laga final dan kalah 4 kali beruntun semenjak mereka terakhir menang di tahun 1996. Rekor itu kembali diperparah dua tahun kemudian setelah mereka kembali kalah melawan Real Madrid 4-1.