Nostalgia Hari Ini: Hat-trick Worrawoot Srimaka Kubur Mimpi Timnas Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – 18 November 2000 mungkin menjadi malam kelabu buat Timnas Indonesia yang dibuat bertekuk lutut oleh tuan rumah, Thailand. Aksi sang striker, Worrawoot Srimaka yang mengemas hat-trick pada partai puncak membuyarkan mimpi Indonesia juarai Piala Tiger.

Sebenarnya, ini merupakan final perdana buat Timnas Indonesia di Piala AFF. Sebab, pada dua gelaran perdana, mereka hanya sanggup mentok di semifinal. Pada 1996 mereka hanya duduk di urutan keempat, sedang dua tahun kemudian cuma meraih peringkat ketiga.

Tentu ada optimisme yang membumbung tinggi di skuat timnas yang kala itu dibesut Nandar Iskandar. Apalagi, Indonesia diisi oleh pemain-pemain istimewa, seperti Gendut Doni, Uston Nawawi, Kurniawan Dwi Yulianto, hingga Aji Santoso.

Terlebih pada semifinal, Indonesia juga berhasil mengandaskan salah satu tim favorit juara, Vietnam. Namun, ketika di partai puncak mereka tampak antiklimaks. Worrawoot Srimaka memang benar-benar menjadi mimpi buruk buat Skuat Garuda di Stadion Rajamangala.

Nostalgia Hari Ini: Hat-trick Worrawoot Srimaka Kubur Mimpi Timnas Indonesia
thaifootball.com

Worrawoot sudah dua kali membobol gawang Timnas Indonesia hanya dalam waktu 18 menit saat itu. Tim Garuda sempat mendapatkan asa usai Uston Nawawi memperkecil kedudukan menit ke-20.

Namun hat-trick Worrawoot Srimaka menit ke-32 bikin perjuangan Timnas Indonesia saat itu kian berat. Alhasil, pada paruh kedua Tanongsak Prajakkata kian melambungkan Timnas Thailand lewat golnya menit ke-65.

Worrawoot Srimaka Memang Jadi Mimpi Buruk

Nostalgia Hari Ini: Hat-trick Worrawoot Srimaka Kubur Mimpi Timnas Indonesia

Dalam turnamen edisi 2000 itu, Worrawoot Srimaka sukses meraih gelar Golden Boot dengan catatan lima golnya. Catatan yang dikemasnya sama dengan pemain Indonesia, Gendut Doni.

Uniknya, lima gol yang dikemas oleh Worrawoot semuanya dicetak ke gawang Indonesia. Selain hat-trick di final, dia juga mengemas dua gol saat Thailand membantai 4-1 Indonesia di fase grup. Saat itu, Thailand menang berkat dua gol Worrawoot, Kiatisuk Senamuang, dan Dusit Chalermsan. Sedang, Indonesia hanya membalasnya satu via Gendut Doni.

Sepanjang kariernya, Worrawoot total mengemas enam gol ke gawang Timnas Indonesia. Selain lima gol di final Piala Tiger 2000, dia juga pernah mengemas gol ke gawang Indonesia pada perebutan peringkat ketiga edisi 1998.

Namun memang, saat itu Indonesia berhak raih peringkat ketiga via adu penalti. Saat itu pertandingan berakhir imbang 3-3 di waktu normal, dan Indonesia menang via penalti dengan skor 5-4 atas Thailand.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More