Odion Ighalo Pastikan Top Skorer Piala Afrika 2019 Terbaik Sejak 2012

Football5Star.com, Indonesia – Memang cuma satu gol yang dibuat Odion Ighalo saat timnas Nigeria melawan timnas Tunisia pada perebutan tempat ketiga Piala Afrika 2019, Kamis (18/7/2019) dini hari WIB. Namun, gol itu punya arti tersendiri.

Selain membawa Nigeria finis di posisi ketiga, gol itu membuat Odion Ighalo kian berpeluang menjadi pemain tersubur Piala Afrika 2019. Gol itu membuat koleksinya kini berjumlah lima gol. Dia unggul dua gol atas Adam Ounas, Riyad Mahrez, dan Sadio Mane yang akan berjibaku pada partai final, akhir pekan nanti.

Mohamed Gedo menjadi pemain tersubur Piala Afrika 2010 dengan lima gol.
fifa.com

Gol tersebut juga punya arti lain. Berkat go itu, Odion Ighalo memastikan top skorer Piala Afrika 2019 lebih baik dari top skorer tiga gelaran sebelumnya. Pada Piala Afrika 2012, 2013, dan 2015, koleksi sang top skorer selalu tak lebih dari 4 gol.

Kali terakhir pemain tersubur Piala Afrika mengemas lebih dari empat gol pada gelaran 2010. Kala itu, Mohamed Gedo dari Mesir menjadi pemain tersubur dengan torehan lima gol. Adapun rekor torehan gol terbanyak top skorer pada satu edisi Piala Afrika adalah 9 gol. Rekor itu dibuat Ndaye Mulamba dari Republik Demokratik Kongo pada Piala Afrika 1974.

Khusus di timnas Nigeria, gol ke gawang Tunisia juga menempatkan Odion Ighalo sebagai pencetak gol terbanyak pada satu edisi Piala Afrika. Penyerang Shanghai Shenhua itu sejajar Rashidi Yekini yang juga mengemas lima gol saat menjadi pencetak gol terbanyak Piala Afrika 1994.

Comments
Loading...