Olok-Olok Erling Haaland, Paris Saint-Germain Ditegur UEFA

Football5Star.com, Indonesia – Paris Saint-Germain (PSG) mendapatkan peringatan keras dari UEFA. Peringatan itu didapatkan terkait olok-olok yang dilakukan para pemain Les Parisiens terhadap striker Borussia Dortmund, Erling Haaland pada leg II babak 16-besar Liga Champions.

Saat menjamu Borussia Dortmund di Stadion Parc des Princes, 11 Maret 2020, Neymar merayakan gol dengan meniru selebrasi semedi ala Erling Haaland. Tak hanya itu, setelah laga, bahkan di ruang ganti, Kylian Mbappe dkk. mengulangi hal itu.

Dalam pandangan UEFA, olok-olok terhadap Erling Haaland dinilai melanggar aturan yang berlaku. Para pemain PSG dinilai melanggar Pasal 15 Ayat 4 Kode Disiplin Liga Champions. Di sana dinyatakan, jika sebuah timnas atau klub berperilaku tak benar, aturan kedisiplinan dapat dijatuhkan.

Olok-olok yang dilakukan para pemain PSG sebetulnya tak terlepas dari provokasi Haaland. Jelang pertandingan, dia membuat provokasi di akun Snapchat-nya dengan menyatakan, “Paris adalah kotaku.”

Provokasi itu ternyata menyulut kebencian kolektif dari para pemain Les Parisiens. Apalagi, pada pertemuan pertama di Dortmund, striker muda asal Norwegia yang juga anak Alf Inge Haaland itu mencetak dua gol yang membawa Die Schwarzgelben menang 2-1.

Pertandingan leg II babak 16-besar Liga Champions di Stadion Parc des Princes berakhir 2-0 untuk PSG. Hasil itu membuat Neymar dkk. lolos ke perempat final dengan keunggulan agregat 3-2. Adapun Haaland cs. harus gigit jari.

Kemenangan atas Erling Haaland dkk. pun dirayakan penuh suka cita oleh para fan mereka yang tak dapat menyaksikan langsung di dalam stadion. Para pemain PSG ikut ambil bagian dengan menyapa mereka dari balkon stadion.