Pria yang Permalukan Indonesia di SUGBK Dapat Jabatan Penting di Malaysia

Football5star.com Indonesia – Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), memberi peran baru kepada Ong Kim Swee. Pria yang pernah mempermalukan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 2011 itu ditunjuk sebagai direktur teknik FAM.

Ong Kim Swee menjabat tugas baru itu menggantikan Peter de Roo. Sebelum dibebani tugas baru, pria berumur 50 tahun tersebut menjabat sebagai asisten direktur teknik merangkap ketua unit belia FAM.

ONG KIM SWEE Direktur teknik FAM = FAM
FAM

Nama Ong Kim Swee terbilang cukup harum di Malaysia, bahkan hingga Asia Tenggara. Dia dikenal sebagai pelatih yang banyak memunculkan talenta-talenta muda melalui Sekolah Sukan Bukit Jalil (SSBJ).

Kariernya menapak naik sejak didaulat menangani timnas U-23 Malaysia hingga merebut medali emas cabang sepak bola SEA Games 2011. Medali emas itu diraih anak asuh Ong di atas rumput SUGBK setelah mempermalukan timnas U-23 Indonesia pada partai final (21/11/2011).

Keberhasilan pria yang karib disapa OKS itu sekaligus mencoreng harga diri Indonesia. Bagaimana tidak, anak asuh Rahmad Darmawan melangkah ke final usai menaklukkan Vietnam pada semifinal. Selain itu, Andik Vermansah dan kawan-kawan juga bertekad membalas kekalahan dari Malaysia pada fase grup.

Andik Vermansah Timnas Indonesia vs Malaysia SEA Games 2011 final - IRAWAN
Irawan/Football5star

Apa lacur. Timnas U-23 Indonesia yang unggul lebih dahulu melalui gol Gunawan Dwi Cahyo, dipaksa takluk melalui drama adu penalti. Tim besutan OKS merengkuh medali emas berkat kemenangan 4-3 pada adu penalti tersebut, di hadapan puluhan ribu suporter Indonesia.

Kini, Ong Kim Swee hadir kembali dengan jabatan sebagai direktur teknik FAM. Pria berkacamata tersebut bisa kembali menjadi ancaman bagi Indonesia dalam upaya merebut medali emas SEA Games di Vietnam pada 21 November-2 Desember 2021.

“Jujur, bertemu Indonesia selalu menyenangkan. Indonesia dan Malaysia punya rivalitas yang panjang dan panas, dan itu bagus bagi sepak bola,” ucap Ong kepada Football5star.com pada 2018 silam.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More