Orbitkan dan Besarkan Namanya, Santos Bukanlah Klub Idola Pele

Football5Star.com, Indonesia – Pele dan Santos adalah satu kesatuan. Tak mungkin membahas Santos tanpa membicarakan pemain bernama asli Edson Arantes do Nascimento tersebut. Begitu pula sebaliknya. Namun, ternyata ada nama klub lain di hati legenda timnas Brasil itu.

Sepanjang berkiprah sebagai pemain, hanya ada dua klub yang dibela pria berjuluk Perola Negra itu. Pertama, Santos dari 1956 hingga 1974. Kedua, Ney York Cosmos pada 1975 hingga 1977. Menariknya, dua klub itu ternyata bukanlah idola kolektor tiga gelar juara Piala Dunia tersebut.

Klub yang jadi idola Pele adalah Vasco da Gama. Hal itu terkuak dalam wawancara pria yang kini berumur 79 tahun itu dengan Saluran YouTube Pilhado. Menurut dia, kecintaan terhadap klub itu datang begitu saja.

“Kebanyakan teman-teman saya dan teman-teman ayah saya adalah pendukung Corinthians. Mereka semuanya pendukung Corinthians atau BAC (Club Atletico Bauru),” kata Pele seperti dikutip Football5Star.com dari Infobae. “Saya tak tahu mengapa saya menyukai Vasco (da Gama). Saya begitu saja menyukainya dan jadi pendukung Vasco.”

Pengakuan tersebut membuat pewawancara terkejut. Tahu akan hal itu, Pele kembali menegaskan bahwa dirinya memang pendukung Vasco da Gama. Dia pun lantas mengisahkan, dalam tiga laga pada sebuah turnamen yang digelar di Stadion Maracana pada 1957, dia mengenakan kostum klub kesayangannya itu.

Bila ditelusur, kecintaan Pele kepada Vasco da Gama mungkin terpengaruh sosok pemain idolanya. Semasa kecil, Perola Negra sangat menyukai Bile, kiper Vasco. Nama kiper itu pula yang menjadi asal-usul nama bekennya hingga saat ini.