Pahlawan Afrika Selatan di Piala Afrika 1996 Tutup Usia

Football5star.com, Indonesia – Kabar duka kembali menyelimuti dunia sepak bola. Mantan penggawa Timnas Afrika Selatan, Phil Masinga, menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (13/1/2019). Meninggalnya pahlawan di Piala Afrika 1996 ini disampaikan langsung oleh federasi sepak bola Afrika Selatan.

Belum diketahui apa penyebab kematian Masinga ini. Beberapa kalangan menyebutkan dirinya mengidap penyakit jantung yang sudah lama diderita.

“Hari yang menyedihkan untuk sepak bola Afrika Selatan. Seorang yang setia dalam permainan, di dalam maupun di luar lapangan,” kata Presiden federasi sepak bola Afrika Selatan, Danny Jordaan.

Masinga menjalani debut bersama tim nasional pada Juli 1992 saat menghadapi Kamerun. Laga ini terasa sangat spesial karena ini adalah laga perdana Afrika Selatan setelah masuk lagi menjadi anggota FIFA usai berakhirnya tragedi Apartheid.

Penampilan sang pemain bersama timnas pun cukup gemilang selama enam tahun. Salah satu momen yang tak terlupakan dari mantan pemain Leeds United ini adalah golnya ke gawang Kongo di kualifikasi Piala Dunia 1998. Golnya tersebut sekaligus menjadi penentu langkah Afrika Selatan ke Piala Dunia di Prancis untuk pertama kalinya.

Dari sisi prestasi, ia menjadi bagian penting dari skuat Bafana Bafana saat memenagi Piala Afrika 1996 silam.

Sementara di tingkat klub, pria yang meninggal di usia 49 tahun ini sempat melang-lang buana di Inggris di Italia. Di Premier League, ia memperkuat Leeds United dan Leicester City. Sedangkan di Negeri Pizza, ia pernah berseragam Bari dan Salernitana.

Comments
Loading...