Pahlawan Liverpool Di Final Piala FA 1965 Wafat

Liverpool kehilangan salah seorang bek legendarisnya, Gerry Byrne yang meninggal dunia pada usia 77 tahun, Sabtu (28/11).

Byrne mencatatkan 333 penampilan selama memperkuat Liverpool sejak 1957 hingga 1969. Dia pernah bermain di bawah asuhan Phil Taylor dan manajer legendaris The Reds, Bill Shankly.

Dua trofi Liga Inggris (1963-64 dan 1965-66)pernah diraih Byrne bersama Liverpool. Meski sempat mengalami cedera, dia mampu menjadi pahlawan kemenangan saat menang 2-1 atas Leeds United lewat perpanjangan waktu pada final Piala FA 1965 meski.

Byrne mencatatkan dua laga internasional dan turut berada dalam skuat tim nasional Inggris yang menjadi juara dunia pada 1966 silam.

“Pikiran dari semua orang yang berada di Liverpool FC tertuju kepada keluarga Gerry (Byrne) dan rekan-rekannya saat ini,” ungkap Liverpool terkait kepergian Byrne, seperti dilansir laman resmi klub.

Chairman Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), Greg Dyke pun merasakan duka setelah Byrne tutup usia.

“Saya masih bisa mengenang cara dia membantu Liverpool menjuarai Piala FA 1965 walaupun mengalami cedera tulang selangka pada awal laga. Determinasinya untuk bermain ketimbang meninggalkan rekan-rekan setimnya sungguh luar biasa. Tentu saja, dia juga terlibat dalam skuat (Inggris) yang menjuarai Piala Dunia 1966 mengingat betapa bertalentanya dia sebagai pemain. Saya turut berduka cita untuk keluarga dan rekan-rekannya,” kata Dyke, seperti dikutip dari¬†FourFourTwo.

Comments
Loading...