Pakar Komunikasi Soroti Cara Panpel Tangani Massa

Football5star.com, Indonesia – Salah satu penonton yang hadir dalam pertandingan Indonesia vs Malaysia adalah pakar komunikasi, Effendi Gazali. Seusai pertandingan, Football5star sempat menanyakan sejumlah hal kepadanya, termasuk soal insiden yang melibatkan suporter di laga tersebut.

Pertandingan antara Indonesia vs Malaysia sempat terhenti pada menit ke-72. Sejumlah suporter berhasil menerobos barisan keamanan untuk menyerang tribune suporter Malaysia. Pertandingan pada akhirnya kembali dilanjutkan dan berujung kekalahan 2-3 untuk timnas.

Setelah pertandingan, Effendi menyoroti sejumlah hal terkait insiden tersebut. Menurutnya, salah satunya disebabkan oleh ketidakcakapan panitia pelaksana dalam mengantisipasi kemungkinan terburuk. Menurutnya, hal-hal seperti ini harus diperbaiki ke depannya.

“Saya tidak ingin menyalahkan langsung, tapi maksud saya ini kurang terorganisasi dengan baik, sehingga akibatnya yang tadi itu.  Seharusnya ada penanganan yang lebih civil society. Tadi ada satu orang yang ngaco, itu seharusnya bisa hanya dibawa oleh satu orang steward, tidak perlu polisi,” ucapnya setelah pertandingan.

“Kemudian ada provokasi dengan bahasa yang tidak elok. Saya menyoroti koordinasinya, entah bagaimana. Mungkin ada tindakan langsung, sehingga tidak dibiarkan larut yang pada akhirnya berujung kejadian seperti ini,” katanya melanjutkan.

Indonesia menelan kekalahan pada pertandingan perdana kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Hasil ini membuat tim Merah Putih untuk sementara menempati posisi paling bawah klasemen Grup G. Ini juga merupakan kekalahan pertama timnas dari Malaysia selama bertanding di GBK sejak 2004.

Comments
Loading...