Park Hang-seo Pelatih Hebat, Tapi Alfred Riedl yang Melegenda di Vietnam

Football5Star.com, Indonesia – Baru-baru ini media Vietnam membahas soal efek Alfred Riedl yang sangat berkontribus di balik perjalanan tim nasionalnya. Bahkan, dia disebut lebih melegenda di Vietnam meski Park Hang-seo sangat sukses di timnas.

Prestasi Riedl bersama Timnas Vietnam sebenarnya tak terlalu mentereng. Dia tak pernah sekalipun membawa Timnas Vietnam juara. Tapi, pelatih asal Austria itu total membawa Vietnam ke lima final berbeda.

Bersama Alfred Riedl, Vietnam pernah menjadi runner-up Piala AFF 1998, runner-up SEA Games 1999, 2003, dan 2005, serta runner-up Piala Raja 2006. Prestasinya tentu kalah mentereng ketimbang Park Hang-seo. Pelatih asal Korea Selatan itu mampu membawa Timnas Vietnam juarai Piala AFF 2018 dan raih emas SEA Games 2019 lalu setelah mengandaskan Indonesia di final.

“Banyak orang mengatakan Riedl adalah yang kedua, tetapi dalam sepa kbola juga ada keberuntungan. Dalam melatih ada banyak masalah. Selama dia melakukannya, ada kalanya beberapa pemain tidak bermain dengan sepenuh hati,” bilang mantan asisten Alfred Riedl, Mai Duc Chung, dikutip dari Zing.

Prestasi terbesar Alfred Riedl adalah membawa Vietnam lolos ke babak grup Piala Asia 2007. Mereka bahkan sukses mengalahkan UEA, imbang Qatar, sebelum terhenti di perempat final karena kalah 0-2 dari Irak yang saat itu juara.

“Park Hang-seo memiliki reputasi dan kesuksesan yang hebat di Vietnam. Henrique Calisto juga memenangkan Piala AFF. Namun, pelatih seperti Alfred Riedl sangat bertalenta, sayangnya tidak beruntung,” kata sosok yang kini jadi pelatih Timnas wanita Vietnam.

“Saya belajar darinya. Banyak tentang bagaimana melakukan psikologi dengan pemain. Riedl sedikit banyak telah meninggalkan warisan bagi sepak bola Vietnam. Penggemar dapat mengharapkan lebih banyak, tetapi dalam konteks itu, pencapaiannya juga gemilang,” pungkas dia.

alfred riedltimnas vietnam