Paus Fransiskus: Keindahan Sepak Bola Harus Selalu Diutamakan

Football5Star.com, Indonesia – Perkembangan sepak bola sebagai industri belakangan ini ternyata membuat prihatin Paus Fransiskus. Menurut dia, para orang tua harus mengingatkan kepada anak-anak tentang hakikat dan keindahan sepak bola sebagai permainan.

Dalam pandangan Paus Fransiskus, keindahan hanya muncul ketika sepak bola tampil sebagai sebuah permainan, bukan bisnis. Untuk itu, dia berharap anak-anak selalu mengingat hal tersebut.

“Sepak bola adalah permainan. Bisakah kita mengatakan itu bersama-sama? Jangan lupa, sepak bola adalah permainan. Berikan mentalitas ini kepada anak-anak,” ucap Paus Fransiskus saat menjamu 6.000 pesepak bola muda di Vatikan, Jumat (24/5/2019), seperti dikutip Football5Star.com dari Vatican News.

Paus Fransiskus berharap keindahan tetap jadi hal utama di sepak bola.

Lebih jauh, pemimpin umat Katolik itu mengatakan, “Kepada para manajer sepak bola, saya meminta agar keindahan pada sepak bola tak berhenti dalam negosiasi-negosiasi finansial.”

Paus Fransiskus menilai sepak bola saat ini tercemar oleh berbagai hal negatif. Dia meminta hal tersebut dapat dihindari pada masa yang akan datang.

“Banyak orang menggambarkan sepak bola sebagai permainan terindah di dunia. Saya juga sependapat. Sayangnya, kita melihat hal-hal, di lapangan dan di belakang garis lapangan, yang mengotori keindahan sepak bola. kita bisa melihat para orang tua yang jadi ultras, manajer atau pelatih bagi anaknya. Jangan renggut kegembiraan dari anak-anak,” terang dia lagi.

Guna menjaga keindahan sepak bola, Paus Fransiskus berpesan agar para pesepak bola selalu mengingat asal-muasal dan hakikat sepak bola sebagai permainan yang indah. Keindahan itulah yang harus diutamakan. Tak terkecuali ketika sepak bola kini menjadi bisnis dan industri dengan gelimang uang. Contohnya, tengok saja nilai hak siar Premier League yang gila-gilaan.

Comments
Loading...