Pelatih Asal Spanyol Ini Puji Ketaatan Umat Muslim Indonesia

Football5star.com, Indonesia – Pelatih asal Spanyol, Rafael Berges memiliki pengalaman sendiri selama melatih di Indonesia. Pelatih 49 tahun tersebut melatih di Indonesia sejak 2018. Dua klub yang sudah ia latih, Mitra Kukar dan Badak Lampung FC.

Salah satu pengalaman yang tak bisa dilupakan oleh eks pemain Celta Vigo tersebut adalah sisi religius orang Indonesia. Menurut Berges, sejak pukul 4 pagi, umat muslim di Indonesia sudah bersiap untuk melakukan sholat di masjid.

“Yang paling religius pergi sholat limt waktu ke masjid. Yang pertama pukul 4:30 pagi dan saat waktu siang. Agama menandai segalanya dan mereka adalah orang-orang yang mulia. Jumat adalah hari paling istimewa bagi mereka dan wanita pergi beribadah di waktu yang berbeda,” ucap Berges seperti dikutip Football5star.com dari sevilla.abc, Senin (16/11/2020).

“Ketika Anda pergi ke luar negeri, Anda menghargai apa yang kita miliki di Spanyol dan Anda menyadari begitu banyak budaya di luar sana,” tambahnya.

Ditambahkan oleh Berges, selama tiga tahun kurang ia berada di Indonesia, dirinya dan mungkin banyak orang Barat akan mampu beradaptasi di Indonesia. Menurutnya, banyak hal yang terjadi di Indonesia dan itu masih bisa diikuti oleh banyak orang Barat.

“Mereka juga menyukai banyak hal baik. Di sana cukup banyak restoran dan pusat perbelanjaan yang mewah. Ada banyak live musik. Mereka ada yang minum alkohol dan ada juga yang tidak.”

“Sayangnya, begitu terlihat perbedaan populasi yang sangat kaya dan populasi yang hidup dalam kondisi tidak baik.” tutup pelatih asal Spanyol itu.

Rafael Berges Martín datang ke Indonesia pada 2018 dan melatih Mitra Kukar. Ia direkrut tim asal Kalimantan itu dari klub Logrones. Pada awal Liga 1 2020, ia pindah ke tim Badak Lampung yang bermain di Liga 2.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More