Pelatih Barcelona Kagumi Hal Ini dari Heynckes

Football Live Star Football5Star.com, Indonesia – Ernesto Valverde, pelatih Barcelona, menyebut Jupp Heynckes sebagai salah satu sosok penting yang memengaruhi gaya kepelatihannya. Hal itu diungkapkan mantan pelatih Athletic Bilbao itu saat mengomentari Heynckes yang akan kembali pensiun usai final DFB Pokal.

Secara khusus, Valverde menyebut satu hal yang sangat menginspirasinya. Itulah cara pendekatan Don Jupp kepada para pemain. Pelatih Barcelona itu tahu persis hal tersebut karena pernah menjadi anak asuh Heynckes di Bilbao.

Ernesto Valverde bersama Jupp Heynckes semasa di Athletic Bilbao.
tagesspiegel.de

“Saya punya banyak pelatih hebat: Javier Clemente, Johan Cruyff, dan Heynckes. Bagi saya, dia salah satu pelatih terbaik di Eropa. Tentu saja, seperti para pelatih yang juga saya sebutkan, dia berpengaruh terhadap saja. Terutama caranya memberikan para pemain kepercayaan diri. Itu sungguh mengesankan,” urai Valverde seperti dikutip Football5Star.com dari Sueddeutsche Zeitung.

Bagi pria berumur 54 tahun itu, karakter dan pembawaan pria yang sekarang berumur 73 tahun itu luar biasa. Menurut dia, hal itu tak akan bisa dilupakan oleh setiap pemain yang pernah ditanganinya. “Kami semua ingat pendekatan personalnya dan karakter hebatnya. Bukan sebuah kebetulan dia dicintai di Bilbao,” urai dia lagi.

Hal lain yang juga mengesankan bagi Valverde adalah kebiasaan Don Jupp merujuk pada dirinya sendiri. “Itu sama dengan Cruyff,” kata dia.

Sebagai mantan pemain besar, Heynckes memang dikenal sering membagikan pengalamannya kepada para pemain. Terutama dalam upaya menanamkan kepercayaan diri saat menghadapi situasi sulit. Hal itu pula yang dilakukannya kepada para pemain Bayern Munich saat hanya menjadi runner-up di tiga ajang pada 2011-12.

Heynckes akan benar-benar menutup bab sebagai pelatih sepak bola pada Minggu (20/5/2018) dinihari WIB. Laga final DFB Pokal antara Bayern Munich dan Eintracht Frankfurt akan menjadi laga terakhirnya sebagai pelatih. Menariknya, dia akan menghadapi calon penggantinya di Bayern, Niko Kovac.

Comments
Loading...