Pelatih Kiper Liverpool Ungkap Kunci Sukses Alisson

Football5star.com, Indonesia – Pelatih kiper Liverpool, John Achterberg, menilai Alisson Becker tak punya rasa takut di lapangan. Hal inilah yang membuat pria asal Brasil itu jadi kiper terbaik di dunia.

Alisson digaet dari AS Roma seharga 72 juta euro di musim panas 2018, yang menjadi rekor transfer untuk seorang kiper. Harga mahal ditebus penjaga gawang Brasil itu dengan performa menawan usai hanya kebobolan 47 gol dalam 79 penampilannya.

Kiper berusia 27 tahun itu sukses membukukan total 39 clean sheet yang membantu Liverpool menjuarai Liga Champions 2018/19, dan finis runner-up di Premier League dengan rekor kekalahan paling sedikit.

Alhasil, Alisson diganjar beberapa penghargaan. Mulai dari Sarung Tangan Emas Premier League serta trofi Yashin, gelar kiper terbaik di dunia yang dipersembahkan oleh France Football pada Desember lalu.

Alisson Becker tampil gemilang saat Liverpool menang atas Monterrey dan melaju ke final Piala Dunia Antarklub

“Alisson adalah kiper yang tidak punya rasa takut. Jika dia melakukan sesuatu, dia tetap pada keputusannya. Dalam benaknya, dia tahu apa yang harus dilakukan dan dia tidak ragu-ragu. Itu adalah kiper alami, tidak memiliki rasa takut, membaca permainan dan memutuskan,” kata Achterberg di Soccerway.

“Jika Alisson menerima bola, ia selalu mencari cara untuk melakukan serangan balik dan memulai kembali pertandingan dengan cepat, sesuai dengan cara kami bermain.“

“Salah satu kekuatan besarnya adalah tetap tenang di saat-saat yang penuh tekanan dan membuat keputusan yang terlihat alami dan mudah, tetapi itu tidak mudah karena Anda selalu membutuhkan solusi dan keputusan yang sempurna. Ini kualitas yang dimilikinya saat ini,” Achterberg menambahkan.