Pelatih Nigeria Tak Ingin Ada Konflik Terkait Bonus

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih timnas Nigeria, Gernot Rohr, mewaspadai kemungkinan konflik yang timbul antara para pemain dan Nigerian Football Federation (NFF) saat berlaga di Piala Dunia nanti. Dia meminta pihak NFF segera membayarkan bonus yang menjadi hak anak-anak asuhnya guna mencegah kemungkinan mereka mogok saat berlaga di Rusia.

“Jika ingin berbuat sesuatu di Piala Dunia, kami harus bersiap dengan sangat baik. Kami ingin semua orang yang ingin menjadi bagian dari tim untuk menunjukkan solidaritas yang sama seperti kami tunjukkan saat ini,” terang Rohr seperti dikutip Vanguard Nigeria, Senin (16/10/2017).

Pelatih Gernot Rohr meminta NFF tak tunggak bonus dan upah para pemain Nigeria.
zealot99.com

Lebih jauh, pelatih asal Jerman tersebut menegaskan soal uang bonus. “Hal yang lebih penting, kami tak mau urusan uang jadi masalah. Urusan bonus dan upah yang jadi masalah khas tim-tim Afrika di Piala Dunia harus kami hindari. Masalah seperti itu akan mengganggu persiapan kami,” papar dia.

Pelatih berumur 64 tahun itu pun mengaku sudah berkomunikasi dengan NFF. Hasilnya, dia mendapat kepastian hal-hal terkait uang yang menjadi hak para pemain akan diselesaikan sebelum Piala Dunia dimulai.

Kekhawatiran pelatih yang matang di Liga Prancis itu sangat beralasan. Di Piala Dunia 2014, pasukan Elang Super sempat mogok latihan karena NFF belum membayarkan bonus kelolosan dari babak kualifikasi. Itu membuat Menteri Olahraga Nigeria langsung terbang ke Brasil dan menyerahkan uang sekitar 4 juta dolar AS kepada para pemain. Hal serupa juga terjadi di timnas Ghana.

Desember tahun lalu, tim putri Nigeria sampai melakukan unjuk rasa ke parlemen. Gara-garanya, mereka tak menerima bonus keberhasilan menjuarai Piala Afrika. Unjuk rasa dilakukan setelah aksi tinggal di hotel selama dua pekan tak mendapat respons dari NFF. Pada akhirnya, pemerintah bersedia memberikan uang hampir 1 juta dolar AS.

Comments
Loading...