Pelatih Senior Italia Gugat Lisensi Kepelatihan Andrea Pirlo

Football5Star.com, Indonesia – Rabu (16/9/2020), Andrea Pirlo resmi mengantongi lisensi kepelatihan UEFA Pro yang disyaratkan untuk menangani klub Serie A. Namun, hal itu digugat oleh pelatih senior Aldo Agroppi. Menurut Agroppi, pelatih Juventus itu belum layak mendapatkan lisensi tersebut.

Agroppi menyoroti waktu singkat yang dibutuhkan Pirlo untuk mendapatkan lisensi UEFA Pro. Dia membandingkan dengan masanya dulu. Menurut dia, itu tak masuk akal sehingga kualitas pemegang lisensi kepelatihan pun dipertanyakan.

“Saya bertanya-tanya bagaimana bisa Pirlo menjadi pelatih setelah hanya satu pelajaran?” kata Aldo Agroppi kepada Radio Amore Campania seperti dikutip Football5Star.com dari Sport Face. “Dulu, saya harus meninggalkan keluarga selama setahun dengan biaya sendiri untuk mendapatkan lisensi.”

Aldo Agroppi menggugat lisensi kepelatihan yang diperoleh Andrea Pirlo.
cirriere.it

Eks pelatih Fiorentina itu tak ragu menyebut ada aroma kolusi dalam pendidikan pelatih di Coverciano pada tahun-tahun belakangan ini. Selain Pirlo, dia juga menyorongkan Amantino Mancini sebagai contohnya. Dia terang-terangan menyebut eks pemain AS Roma itu mendapatkan lisensi secara cuma-cuma,

“Ambil contoh Mancini. Dia mendapatkan lisensi dengan hanya tinggal di rumah. Dia tak bisa melatih. Dia bukan orang Italia. Mereka memberi dia lisensi karena persahabatan. Dia bersahabat bahkan dengan Presiden CONI,” urai Agroppi dengan berapi-api.

Pirlo Salah Satu Lulusan Terbaik

Meskipun demikian, tak semua pelatih zaman sekarang yang dinilai kaleng-kaleng oleh Agroppi. Dia menunjuk Gennaro Gattuso sebagai contohnya. Menurut dia, Gattuso betul-betul tertempa sebagai pelatih. Lisensi yang didapatkan eks gelandang AC Milan itu bukanlah hadiah cuma-cuma.

Andrea Pirlo mendapatkan lisensi UEFA Pro dengan nilai 107 dari 110.
calcioefinanza.it

“Tak ada yang menghadiahkan apa pun kepada dia. Dia memulai dari desa pinggiran dan pergi ke Skotlandia, di Serie C, dan melatih di mana saja. Dia itu punya karakter. Ketika punya itu, Anda akan sukses. Gattuso selalu menekankan pengorbanan. Itulah yang membuat saya kagum,” ujar Agroppi lagi.

Terlepas dari gugatan dan cibiran Aldo Agroppi, Andrea Pirlo mendapatkan lisensi UEFA Pro dengan nilai luar biasa. Tesisnya tentang sepak bola proaktif, penguasaan bola dan serangan, mendapatkan nilai 107 dari nilai maksimal 110. Dia hanya kalah dari Thiago Motta yang mendapatkan nilai 108.

Di samping Motta, ada beberapa eks pemain ternama yang juga mendapatkan lisensi bersamaan dengan Andrea Pirlo. Sebut saja Vincenzo Italiano, Luca Toni, Cristian Chivu, Paolo Montero, Daniele Bonera, Roberto Muzzi, dan Mohamed Kallon. Ada juga tiga wanita, yakni Patrizia Panico, Nazzarena Grilli, dan Manuele Tesse.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More