Pelatih Timnas Kolombia Undur Diri

Football5star.com, Indonesia – Jose Pekerman memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama timnas Kolombia. Pria Argentina tersebut memilih mundur setelah enam tahun menjabat.

Berdasarkan perjanjian yang tertera dalam kontraknya, masa jabatan Pekerman habis pada Jumat lalu. Ia pun tidak menggunakan opsi perpanjangan meski dari pihak federasi sangat terbuka soal itu.

afp

Pasalnya, selama dirinya menjabat, ia membawa Kolombia ke level permainan yang lebih tinggi. Los Cafeteros selalu tampil apik dalam turnamen-turnamen besar seperti Piala Dunia dan Copa America.

Pekerman berhasil membawa Kolombia lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 16 tahun. Kala itu, mereka berhasil menapak hingga perempat final sebelum didepak tim tuan rumah, Brasil.

“Anakku pasti sangat sedih mendengar kabar ini. Tapi, aku tegaskan pergi dengan perasaan senang karena dukungan yang aku dapatkan selama ini,” kata Pekerman seperti dikutip dari Sportskeeda. 

Pria berusia 69 tahun tersebut juga menepis kabar dirinya dipecat. Baginya, semua orang yang terlibat dalam pekerjaannya selama ini sudah ia anggap seperti keluarga sendiri dan jarang terjadi konflik.

“Sebenarnya isu seperti ini sangat berbahaya. Padahal, kami selalu bekerja bersama untuk mencapai kesuksesan sejak pertama kali aku datang ke tim ini. Semangat ini harus berlanjut,” imbuhnya.