Pelatih Timnas U-21 Rumania Ternyata Sempat Terganjal Lisensi

Football5Star.com, Indonesia – Ada hal menarik pada konferensi pers setelah laga timnas U-21 Rumania melawan timnas U-21 Inggris, Jumat (21/6/2019). Mirel Radoi, pelatih timnas U-21 Rumania, tak berbicara dalam bahasa Inggris. Pasalnya, hampir tak ada jurnalis non-Rumania di sana. Jikapun ada, jurnalis non-Rumania tak merasa perlu melontarkan pertanyaan.

Itu sungguh memilukan. Pasalnya, timnas U-21 Rumania menang 4-2 atas timnas U-21 Inggris. Para jurnalis lain, terutama dari Inggris, lebih sibuk membahas nasib pelatih Aidy Boothroyd yang dikabarkan rawan dipecat karena performa buruk timnya di ajang Piala Eropa U-21 tersebut.

Mirel Radoi memang bukan siapa-siapa. Diabaikan banyak jurnalis saat konferensi pers bukan hal paling memilukan dalam perjalanan kariernya. Ada hal lain yang jauh lebih memilukan. Itu adalah kenyataan dirinya hampir gagal menjadi pelatih karena tak dapat mengambil lisensi kepelatihan.

Mirel Radoi belum mengantongi lisensi pelatih saat ditunjuk menangani Steaua Bucuresti pada 2015
ziuaconstanta.ro

Kisah pahit dialami pria yang berulang tahun ke-38 pada 22 Maret lalu itu saat menangani Steaua Bucuresti, empat tahun silam. Kala itu, gara-gara tak punya lisensi, dia diumumkan manajemen sebagai direktur olahraga. Konsekuensinya, dia tak boleh berinteraksi dengan para pemain selama pertandingan.

Sesuai peraturan yang berlaku di Rumania, hanya pelatih dan asistennya yang boleh memberikan instruksi kepada pemain di lapangan. Staf lain di klub bisa terkena sanksi 4-6 pekan bila terbukti melanggar peraturan tersebut. Pada Agustus 2015, dia oleh FRF dilarang memberikan instruksi kepada para pemain saat pertandingan.

Pada kancah antarklub Eropa, Steaua bahkan mendapatkan sanksi tegas dari UEFA gara-gara keberadaan pelatih tanpa lisensi di tepi lapangan. Mereka didenda 50.000 euro dan Mirel Radoi tak boleh lagi berada di bangku cadangan.

Hal tersebut membuat mantan gelandang timnas Rumania itu tersudut. Pasalnya, dia tak dapat mengikuti kursus kepelatihan di negerinya. FRF sebagai pemegang kekuasaan tertinggi sepak bola Rumania menggariskan seseorang boleh mengikuti kursus kepelatihan bila memiliki ijazah diploma. Mirel Radoi tak memenuhi persyaratan itu.

“Mengungsi” ke Moldova

Tak patah arang, pria yang sempat memperkuat Al Ahli dan Al Hilal di Liga Arab Saudi itu memutar otak. Dia melirik ke negeri tetangga, Italia dan Moldova, untuk mendapatkan lisensi C. Pada akhirnya, pilihan jatuh ke Moldova.

“Benar bahwa saya akan mengikuti kursus kepelatihan di Sekolah Pelatih Moldova. Saya punya dua pilihan, Moldova dan Sekolah Pelatih Coverciano di Italia. Saya memilih kursus di Chisinau karena lebih dekat dengan rumah dan di Italia, pelatihan dilakukan di kota-kota berbeda sehingga akan memakan waktu lebih banyak,” ujar Mirel Radoi pada akhir September 2015 seperti dikutip Football5Star.com dari Media Fax.

arenavalceana.ro

Pada akhirnya, pria yang sempat terpilih sebagai Pemain Terbaik Liga Arab Saudi 2010 itu mendapatkan lisensi. Bahkan, kala menggondol lisensi A, dia mendapatkan nilai tertinggi. Dari 30 orang yang menjalani pelatihan pada periode April-Juli 2018, dia mendapatkan nilai 9,86. Di belakangnya ada Dorin Goian dengan nilai 9,38.

Setelah mengantongi lisensi A, dia ditunjuk menjadi pelatih timnas U-21 Rumania. Belakangan, dia pun mulai dilirik beberapa klub. Salah satunya Universitatea Craiova. Namun, dia membantah keras kemungkinan meninggalkan timnas U-21 Rumania.

“Saya adalah pelatih timnas U-21 Rumania. Saat ini, saya hanya memikirkan fase akhir kompetisi ini. Setelah itu, saya akan berpikir tentang kualifikasi Piala Eropa 2021,” ujar dia kepada Digi Sport pada April lalu mengenai rumor negosiasi dengan Craiova.

Kemungkinan itu juga dibantah Massimo Pedrazzini yang pernah menjadi “tameng” Mirel Radoi di Steaua. Menurut dia, tak mungkin sang sahabat jadi pelatih Craiova. Pasalnya, dia belum memegang lisensi Pro UEFA yang disyaratkan untuk memegang tim profesional di Rumania. Paling banter, dia hanya bisa menjadi asisten pelatih.

Kini, seiring keberhasilan membawa timnas U-21 Rumania masuk semifinal Piala Eropa U-21 dan menggaransi tempat di Olimpiade 2020, Mirel Radoi dipastikan makin mengemuka. Tawaran dari klub-klub besar sangat mungkin segeradatang, terutama bila dia sudah mengantongi lisensi Pro UEFA.

Comments
Loading...