Pelatih yang Bawa Argentina ke Final Piala Dunia 2014 Meninggal Dunia

Football5star.com, Indonesia – Kabar duka kembali datang dari Argentina. Alejandro Sabella, mantan pelatih Tim Tango meninggal dunia pada Selasa (8/12/2020).

Alejandro Sabella meninggal pada usia 66 tahun. Ia menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan penyakit kanker yang sudah diidap selama setahun terakhir.

Kepergian Sabella jelas menambah duka publik Argentina. Pasalnya dua minggu lalu mereka baru ditinggal legenda terbesarnya, Diego Maradona.

Pelatih 66 tahun orang yang berjasa membangkitkan sepak bola Negeri Tango. Setelah lama tidak menginjakkan kaki di final Piala Dunia, legenda River Plate itu sukses membawa Lionel Messi dkk ke partai puncak turnamen akbar sejagad.

Memimpin Argentina di Piala Dunia 2014, ia berhasil membawa negaranya menembus final. Sayang, upaya untuk merengkuh trofi ketiga gagal setelah takluk 0-1 dari Jerman di babak perpanjangan waktu.

Kehebatan Alejandro Sabella tidak hanya dirasakan sebagai pelatih. Ketika bermain, dia juga sosok yang sangat disegani. Dia adalah pemain yang turut membawa Albiceleste juara Piala Dunia 1978 silam.

Di tingkat klub, ia dibesarkan oleh River Plate. Sukses besar bersama klub ibu kota, Sabella mencoba peruntungan ke Inggris. Bersama tiga rekannya, Osvaldo Ardiles, Ricardo Villa, dan Alberto Tarantini, ia bermain di Liga Inggris selama dua tahun.

Dua tahun di Inggris Alejandro Sabella memperkuat dua klub. Yakni Sheffield United dan Leeds United.

alejandro sabellaArgentina