Pele Tak Anggap Neymar Salah Satu Pemain Terbaik Dunia

Legenda sepak bola Brasil, Pele, mengkritik permainan dari Neymar dan tidak menganggapnya sebagai salah satu pemain terbaik dunia. Menurut dirinya, pemain terbaik di dunia saat ini adalah Lionel Messi.

Sejak masih membela Santos, nama Neymar telah disebut-sebut bakal menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Oleh sebab itu, Barcelona rela merogoh koceknya hingga lebih dari 88 juta Euro untuk mendapatkan jasa Neymar pada tahun 2013.

Di musim pertamanya, Neymar memang nampak masih kesulitan dengan proses adaptasi. Barulah di musim kedua Ia menunjukkan kemampuannya dengan menjadi bagian penting keberhasilan Barca meraih Treble Winners. Berkat sumbangsih 70 gol dan 37 assist dari 111 pertandingan, Neymar kini masuk ke dalam calon peraih Ballon d’Or tahun 2015.

Namun, di mata Pele, ternyata Neymar bukanlah pemain yang spesial. Ia bahkan menganggap Neymar tidak termasuk dalam 10 pemain terbaik Santos sepanjang masa.

“Ia tidak berkontribusi banyak bagi lini tengah, tidak menciptakan peluang, dan tidak membawa bola maju ke depan. Sulit untuk membandingkannya dengan terbaik ketika ia kekurangan seluruh hal tersebut,” ujar Pele seperti yang ditulis oleh Marca.

“Neymar adalah pemain yang bagus, tetapi berapa banyak gol dari sundulan yang telah ia cetak? Vasconcelos 10 kali lebih baik dari Neymar,” tambah dirinya.

Lebih lanjut, Pele mengungkapkan bahwa menurutnya pemain terbaik di dunia adalah rekan Neymar di Barcelona, Messi.

“Ia adalah pemain terbaik dunia selama 10 tahun terakhir, meskipun ia tidak hebat dalam menggunakan kepalanya dan jarang menggunakan kaki kanannya,” jelas Pele.