Eks Pemain Berdarah Maluku yang Berikan Trofi Juara Eredivisie kepada Ajax

Football5star.com, Indonesia – Ajax berhasil menjadi kampium Eredivisie 2018-19 setelah mengalahkan De Graasfschap dengan skor 4-1. Saat momen penyerahan piala, skuat Ajax menerimanya dari mantan pemain berdarah Maluku, Indonesia.

Siapa pemain yang dimaksud? Ia adalah Sonny Silooy. Bagi suporter setia Ajax, sosok Sonny tentu sudah tak asing. Silooy ialah legenda bagi suporter tim berjuluk de Amsterdammers tersebut.

Pemain yang bisa ditempatkan sebagai full back kiri dan centre back ini pada 1995 silam, sukses mengantarkan Ajax meraih juara Liga Champions.

Soal darah Maluku, Sonny mengakuinya. Ia juga mengaku keluarganya beberapa kali berlibur ke tanah leluhurnya di Ambon.

“Bapak saya lahir di Ambon, saya lahir di Roterdam. Semua saudara saya, keponakan, paman, mereka suka berlibur ke Ambon dan masih ada saudara di sana,” kata Silooy seperti dikutip football5star.com dari voaindonesia, Kamis (16/5/2019).

Terpilihnya Silooy sebagai orang yang menyerahkan trofi Eredivisie kepada kapten Ajax, Matthijs de Ligt didasari karena nama besar dan jasanya kepada Ajax.

Pemain Berdarah Maluku - Pemain Berdarah Maluku yang Berikan Trofi Juara Eredivisie kepada Ajax

Seperti dikutip dari fcupdate.nl, Silooy jadi nama utama yang diajukan manajemen Ajax kepada federasi sepak bola Belanda. Ia diminta untuk menyerahkan trofi juara kepada de Ligt setelah pertandingan melawan De
Graasfschap.

Silooy telah bermain sebanyak 305 caps bersama Ajax dan sempat juga merasakan dilatih oleh pelatih besar Belanda, Johan Cruyff.

Setelah pensiun, pemain berdarah Maluku itu sempat menangani tim muda Ajax. Pada 2010 lalu, Silooy sempat menjadi pelatih kepala untuk Dayton Dutch Lions, salah satu cabang klub Ajax di Ohio Amerika Serikat.

Comments
Loading...