Pemain Belia Brasil Dibantah Naturalisasi, Tapi LIB Tak Tambah Kuota Asing

Football5Star.com, Indonesia – PT Liga Indonesia Baru (LIB) membantah kalau akan menambah kuota asing untuk Liga 1 2020 yang membuat status pemain belia Brasil jadi tanda tanya. Sebab, pada beberapa klub slot pemain asingnya sudah penuh.

Belakangan memang tiba-tiba ada lima pemain belia asal Brasil datang ke Indonesia. Mereka ialah Maike Henrique, Thiago Apolina Pereira, Pedro Henrique Bartoli Jardim, Hugo Guilherme Correa Grillo, dan Roberth Junior Rodrigues Santos.

Maike Henrique dan Thiago Apolina berlatih bersama Persija Jakarta. Pedro Henrique dan Hugo Guilherme resmi diperkenalkan oleh Arema FC. Lalu yang terakhir Madura United turut mengumumkan kedatangan Roberth Junior.

Padahal, ketiga klub itu slot pemain asingnya sudah penuh. Persija Jakarta sudah punya Marko Simic, Marc Klok, Rohit Chand, dan Marco Motta. Arema FC memang jadi pas saat kedatangan Pedro dan Hugo. Mereka sebelumnya ditinggal Jonathan Bauman dan Oh In-kyun. Tapi, harusnya satu pemain asing lagi berasal dari Asia bukan Brasil, karena ditinggal In-Kyun.

Demikian pula Madura United. Mereka sudah memiliki Bruno Matos, Jaimerson Xavier, Emmanuel Oti Essigba, dan Jacop Pepper. Itu berarti datangnya Roberth Junior, bikin Madura United punya lima pemain asing. Lantas, apakah LIB menambah kuota asing?

“Tidak ada penambahan kuota dan slot pemain asing. Jadi, kalau soal pendaftaran pemain asing, berapapun usianya tetap mengikuti prosedur pemain asing sesuai dengan regulasi pertama (sebelum Liga 1 ditangguhkan karena COVID-19),” kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, saat dihubungi wartawan.

Meski begitu, Akhmad Hadian Lukita, tak bisa banyak bicara soal kedatangan para pemain belia Brasil tersebut. Karena memang hal itu bukan merupakan ranahnya.

“Wah kalau permasalahan itu kami tidak tahu. Bukan ranah PT LIB juga soalnya,” tutup dia.

Arema FCHugo Guilherme Correa GrilloMadura UnitedMaike Henrique Irine De LimaPedro Henrique Bartoli JardimPersija JakartaRoberth Junior Rodrigues SantosThiago Apolina Pereira