Pemain Homoseksual Diminta Jangan Muncul ke Permukaan

Football5star.com, Indonesia – Mantan kapten Bayern Munich dan tim nasional Jerman, Philipp Lahm memiliki pandangan tersendiri untuk pesepak bola yang memiliki kecenderungan suka sesama jenis alias homoseksual.

Lahm mengatakan bahwa lebih baik untuk pemain homoseksual untuk tidak terlalu muncul ke permukaan untuk mengungkap jati dirinya. Hal ini menurut Lahm karena budaya masyarakat yang belum bisa menerima keberadaan homoseksual.

Philipp Lahm siap kembali ke Bayern Munich suatu saat nanti. (football5star.com/web.de)

“Saat ini masih belum ada penerimaan di dunia sepak bola dan masyarakat umum tentang pemain homoseksual,” tulis Lahm dalam buku otobiografinya seperti dikutip Football5star.com dari Marca, Kamis (18/2/2021).

“Anda tidak akan bisa bergantung pada kedewasaan yang sama dari semua lawan atau stadion tempat Anda bertanding,” tambahnya.

“Mereka harus menanggung penghinaan dan komentar yang memfitnah. Siapa yang bisa mendapat perlakuan seperti itu?,”

Lahm pun lalu menyinggung cara mantan rekannya, Thomas Hitzlsperger yang baru memberitahu publik bahwa ia homoseksual saat sudah pensiun. Menurut Lahm, tindakan dari Hitzlsperger sangat bijaksana. “Bagi saya, itu tampak bijaksana.,”

Apa yang disarankan oleh Lahm memang ada benarnya. Meski sejumlah pihak lebih menerima keberadaan pemain homoseksual, harus ada pertimbangan lebih masak untuk si pemain mengungkap jati dirinya saat masih bermain.

Publik tentu masih ingat dengan kasus Justin Fashanu. Eks striker Manchester City ini pada 22 Oktober 1990 blak-blakan kepada media Inggris, The Sun bahwa ia memang seorang gay.

Ujung dari pengakuannya itu, Fashanu justru mendapat penghakiman, bahkan saudaranya sendiri di salah satu sesi wawancara mengatakan bahwa John ialah orang buangan yang tak diterima di keluarga.

Tragisnya, pada pagi hari, 03 Mei 1998, Justin Fashanu mengambil keputusan besar dalam hidupnya. Ia menggantung dirinya di garasi bekas di kawasan Shoreditch, London Timur, Inggris.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More