Pemain Ini Gabung ke Persib karena Kelaparan

Football5star.com, Indonesia – Pada 2003, Persib untuk pertama kalinya merekrut pemain asing. Tak tanggung-tanggung empat pemain Polandia direkrut, salah satunya ialah kiper Mariusz Mucharski.

Mucharski datang bersama pelatih Polandia, Marek Śledzianowski dan striker asing pertama yang cetak gol untuk Persib, Maciej Dolega.

Ada satu kisah yang menyedihkan sebelum Mucharski bergabung ke tim Maung Bandung. Mucharski mengatakan bahwa keputusannya untuk merantau ke Indonesia didesak rasa lapar.

Pemain Ini Gabung ke Persib karena Kelaparan
fakt.pl

Sebelum memutuskan pergi ke Indonesia, Mucharski membela Pogon Staszow. Sayangnya saat itu krisis ekonomi melanda di Polandia.

“Saat saya bergabung ke Staszow, ada kemiskinan di sana. Tidak roti atau bahan makanan yang bisa dimakan. Saya bertanya kepada Wojciech Łazarek, bagaimana saya bisa keluar dari situasi ini,” cerita Mucharksi seperti dikutip football5star.com dari kielce, Senin (23/3/2020).

“Saat itu dia memberikan saya dua pilihan yakni bermain di Liga Sudan dan Liga Indonesia. Saat itu, Lazarek pergi ke Sudan dan jadi manajer di sana. Saya hanya punya tiga hari untuk memutuskan dan akhirnya Indonesia jadi pilihan saya,” tambahnya.

Mucharski yang saat ini berprofesi sebagai pelatih kiper untuk Wisla Plock mengatakan bahwa faktor cuaca menjadi salah satu faktor yang membuat ia dan pemain Polandia lain gagal di Persib.

“Dia hanya ingin membawa pemain seperti saya dan Dolega membantunya di sana. Saya juga lebih suka pergi ke klub luar dengan seseorang yang saya kenal. Sayangnya kondisi di sana sangat berbeda dari harapan kami,”

Meski begitu, ia mengaku masih mengenang bagaimana iklim sepak bola Indonesia begitu membekas pada dirinya. Ia menyebut stadion selalu penuh sesak saat klub bermain.

“Di setiap pertandingan, stadion selalu penuh sesak dengan para suporter. Saya selalu mengingat hal itu dan mereka juga masih mengingat saya,” tutup Mucharski.