Pemain Jepang Ini Jelaskan Ritual Komat-kamit Seperti Dukun

Football5Star.com, Indonesia – Ritual merupakan hal yang lazim dijalankan oleh para pesepak bola sebelum mereka melakukan pertandingan. Mulai dari berdo’a hingga mencabut rumput lapangan misalnya, sering dilakukan oleh para pemain sepak bola.

Akan tetapi, ritual tak lazim dilakukan oleh salah seorang pemain asal Jepang, Tomoaki Makino. Makino yang membela klub Urawa Red Diamond kerap kali tertangkap kamera tengah melakukan ritualnya tersebut sesaat sebelum pertandingan dimulai.

Pemain yang sudah membela Urawa Red Diamond sejak 2013 lalu itu mengaku ritual itu memang kerap ia lakukan sebelum pertandingan. Alasannya, ia menyebut ritualnya tersebut sebagai tindakan untuk mengangkat mental pribadinya sebelum bermain.

Instagram theafchub.

Tomoaki Makino melakukan ritual dengan cara menepuk dadanya sembari komat-kamit mengatakan sesuatu hal. Karena itu, pria berusia 32 tahun tersebut menjadi pemain yang paling diperhatikan sebelum laga.

“Saya melakukan ritual ini sebelum pertandingan sebagai tindakan mengangkat mental pribadi. Saya mengatakan pada diri sendiri bahwa saya akan menang dan saya lebih baik daripada lawan mana pun, semacam motivasi diri,” ungkap Makino seperti dikutip Football5Star.com dari video wawancara AFC.

Ia pun mengklaim bahwa ritualnya tersebut layaknya seperti Tarian Haka yang kerap dilakukan oleh Tim Rugby dari Selandia Baru. Hal itu diakuinya sangat bermanfaat untuk menempatkan kepercayaan dirinya dalam laga yang akan dijalaninya.

“Ttu mirip dengan Tari Haka dari Tim Rugby Selandia Baru. Itu rutinitas saya sebelum pertandingan untuk mendapatkan diri saya di pertandingan,” pungkasnya.