Pemain Jerman Selalu Disambut Hangat Publik Spanyol

Football5star.com, Indonesia – Mantan penggawa Barcelona, Bernd Schuster, mengaku tak heran melihat apabila banyak pemain Jerman yang merantau ke LaLiga di masa depan. Menurutnya, publik Spanyol selalu memberikan sambutan yang hangat kepada para pemain asal Jerman.

Musim ini, Jerman diwakili oleh dua orang pemain kelas dunia di LaLiga. Keduanya adalah Marc-Andre ter Stegen dari Barcelona serta jendral lapangan tengah Real Madrid, Toni Kroos. Di musim-musim sebelumnya, ada nama-nama seperti Mesut Oezil, Sami Khedira dan Skhodran Mustafi.

“Pemain Jerman selalu mendapatkan sambutan yang meriah dari publik LaLiga. Karena, tak ada pemain Jerman yang gagal di Spanyol. Sebelum saya, ada Gunter Netzer dan Paul Breitner. Lalu Uli Steike, saya dan kemudian Bodo Ilgner,” kata Bernd Schuster kepada DW.

Bernd Schuster - LaLiga - These Football Times
These Football TImes

Bernd Schuster sendiri merupakan salah satu legiun asing yang membela Barcelona pada tahun 1980-88. Selain itu, ia juga pernah menjadi pelatih Real Madrid pada musim 2007-08.

Ia pun mengaku sangat menikmati masa-masa bermain di Spanyol. Ia bahkan mengenang masa-masa dimana ia datang ke Spanyol tapi tak bisa mengucapkan sepatah kata pun dalam bahasa Spanyol.

“Saya datang ke Barcelona tanpa bisa mengucapkan sepatah kata pun dalam bahasa Spanyol. Termasuk Buenos Dias dan Gracias. Tapi, saya beruntung karena ada salah satu staff medis lulusan Jerman. Dia merupakan penerjeman saya,” kata pria 59 tahun itu.

Comments
Loading...