Pemain Keturunan Bukan Hal Haram, Tapi Pembinaan Juga Butuh Perhatian

Football5Star.com, Indonesia – Legenda Timnas Indonesia, Bambang Nurdiansyah, sedikit mengkritisi PSSI yang belakangan gemar cari pemain keturunan. Dia menyebut kalau hal ini sebenarnya bukan hal haram, tapi PSSI jua harus memperhatikan pembinaan.

Seperti diketahui, sejauh ini sudah ada empat pemain keturunan yang memperkuat Timnas U-19. Mereka ialah Jack Brown, Elkan Baggott, Kelana Noah, hingga Luah Fynn Jeremy Mahesa. Mereka tampil apik sampai mencuri perhatian Shin Tae-yong saat melakoni pemusatan latihan di Kroasia beberapa waktu lalu.

Perburuan PSSI untuk mencari pemain keturunan Indonesia di luar negeri buat Timnas U-19 tak berhenti. Hal ini sebenarnya hal yang sah-sah saja, karena target Timnas U-19 agar main bagus di Piala Dunia U-20 2021. Tapi, Bambang Nurdiansyah ingin kalau hal ini jangan jadi kebiasaan.

“Menurut saya sih, kalau buat Piala Dunia saja bisa dimaklumi. Tapi kalau seterusnya kaya gini, pembinaan pemain muda akan percuma,” ungkap Bambang Nurdiansyah kepada Football5star.

“Kalau (untuk) Piala Dunia enggak masalah karena targetnya Timnas U-19 Indonesia paling tidak tak memalukan, itu pun sebenarnya ada jalan lain yang bisa diusahakan,” sambung dia.

Bambang Nurdiansyah menyebut kalau seharusnya pencarian pemain keturunan juga sejalan dengan pembinaan usia dini yang terstruktur. Karena sebenarnya, Indonesia memiliki banyak talenta istimewa.

“Ke depan jangan lagi lah, cukup untuk Piala Dunia saja,” tutup sosok yang kini melatih Muba Babel United itu.

Bambang NurdiansyahPemain Keturunan IndonesiaTimnas U-19 Indonesia